Connect with us

Politik

Peringati Hari Pancasila, PKS Kota Malang Cangkrukan Ngaji Budaya

Diterbitkan

,

Peringati Hari Pancasila, PKS Kota Malang Cangkrukan Ngaji Budaya
Memperingati hari Pancasila, PKS Kota Malang menggelar tumpengan dihadiri pengurus Cangkrukan Ngaji Budaya. (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Memperingati hari Pancasila, PKS Kota Malang menggelar tumpengan dihadiri pengurus Cangkrukan Ngaji Budaya (CNB).

Ketua DPD PKS kota Malang, Ernanto Djoko Purnomo mengatakan bahwa Pancasila merupakan azas dari Indonesia.

Oleh karena itu, lanjut joko kesakralan Pancasila harus dijaga salah satunya dengan memperingati hari Pancasila pada tanggal 1 Juni.

“Banyak hal dari Pancasila yang menjadi inspirasi dan nilai dari PKS dalam setiap kegiatan yang diadakan,” ujarnya.

Untuk itu memperingati Hari Pancasila merupakan hal yang ingin dijaga oleh PKS. Tidak hanya itu, kami ingin memperingati Bersama dengan elemen lain.

Memperingati hari Pancasila, PKS Kota Malang menggelar tumpengan dihadiri pengurus Cangkrukan Ngaji Budaya

Ketua DPD PKS kota Malang, Ernanto Djoko Purnomo menyerahkan potongan tumpeng. (foto istimewa)

“Alhamdulillah Cangkrukan Ngaji Budaya bisa hadir Bersama kami untuk Tumpengan dalam rangka memperingati Hari Pancasila,” jelas Joko.

Tumpengan tersebut dihadiri oleh DPTD PKS Kota malang, Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang, Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Anggota DPRD Kota Malang Fraksi PKS.

Kemudian beberapa ketua bidang DPD PKS Kota Malang, sedangkan Cangkrukan Ngaji Budaya turut hadir beberapa orang pengurus.

Dalam diskusi yang mengalir dan diselingi canda tawa malam itu, pengurus CNB menyatakan senang dan mengapresiasi atas undangannya.

“Saya tidak menyangka ketika diundang oleh DPD PKS kota Malang. Dalam diskusi malam ini, banyak hal yang dijelaskan oleh temen – temen PKS Kota Malang,” ujar H. Rohman selaku pengurus CNB.

“Ternyata semua tudingan – tudingan miring terkait dengan PKS itu tidak benar. Kami siap jika harus berkolaborasi dengan PKS,” pungkasnya. (carep01/fir)

 

Politik

Politik Bukan Sambilan, Basarah: Tapi Mengabdi Bangsa dan Negara

Diterbitkan

,

Ketua DPP PDI Perjuangan, Dr. Ahmad Basarah, S.H., M.H. (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Bulan Ramadhan yang penuh berkah dan hidayah adalah momentum yang sangat tepat bagi para kader PDI Perjuangan untuk mewakafkan dirinya dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Dr. Ahmad Basarah, S.H., M.H. menekankan bahwa selaku kader PDI Perjuangan yang mengabdikan dirinya dalam jalan perjuangan politik mencintai bangsa dan negara adalah bagian daripada iman.

Juga menjalankan amanah yang telah diberikan oleh rakyat secara totalitas.

“Berpolitik itu juga bagian kita dari beribadah. Berpolitik bukan sambilan, berpolitik bukan memperkaya diri, berpolitik itu bukan meningkatkan status sosial,” ujar Ahmad Basarah.

Tapi berpolitik itu mengabdi kepada bangsa dan negara, kata Basarah juga mengabdi kepada kemanusiaan.

Dihadapan Pengurus PDI Perjuangan tingkatan DPC dan PAC se-Kabupaten Malang, dia mengingatkan bahwa tugas-tugas kader partai adalah mengayomi dan membawa masyarakat Kabupaten Malang menuju kesejahteraan.

Selama kegiatan Buka Bersama yang diselenggarakan oleh DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang yang turut diikuti oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari Bisowarno, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto, dan Bupati Malang H.M. Sanusi, Basarah meminta para kader untuk menjaga kesolidan dan kekompakannya.

Kekompakan dan soliditas pilar-pilar partai PDI Perjuangan di Kabupaten Malang, lanjut dia, harus mampu untuk dijaga dan dipertahankan.

Apabila hal tersebut mampu dipertahankan, Basarah optimis kemenangan di 2024 bukanlah sebatas impian semata.

Wakil Ketua MPR RI tersebut dalam kesempatan ini juga berkesempatan untuk memberikan santunan wajib kepada DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang sebagai bentuk gotong-royong dan partisipasinya dalam upaya menguatkan konsolidasi internal partai menyambut kemenangan di 2024.

“Jika kita sudah meletakkan kepentingan partai diatas kepentingan pribadi, untuk membantu kepentingan politik kita, Insya Allah kemenangan di Pileg dan Pilpres 2024 di Kabupaten Malang bukan cita-cita atau khayalan kita belaka,” tuturnya.

Termasuk, berkaitan dengan Calon Presiden yang akan diusung oleh PDI Perjuangan di tahun 2024, Basarah meminta agar para kader-kader banteng dimanapun dia berada, untuk setia dan menghormati segala keputusan partai.

“Siapapun Calon Presiden dan Wakil Presiden yang akan diputuskan oleh PDI Perjuangan, yang merupakan hak prerogatif Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri,” ucapnya.

“Seluruh kader partai diminta untuk menghormati demi menjaga kehormatan partai serta menjaga kehormatan Ibu Megawati Soekarnoputri,” pungkas Basarah. (carep01/fir)

Lanjutkan Membaca

Politik

Buka Puasa, PKS Kota Malang Bersama Wartawan

Diterbitkan

,

DPD PKS Kota Malang saat buka puasa bersama wartawan (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – DPD PKS Kota Malang menggelar buka puasa bersama wartawan. Kegiatan ini dilakukan di RM Ocean Garden, Minggu (24/4/2022).

“Semoga dengan kolaborasi dengan media ini akan dapat meningkatkan kualitas demokrasi dan edukasi politik masyarakat,” ujar Ketua DPD PKS Kota Malang, Ernanto Djoko Purnomo.

Khususnya pelayanan-pelayanan yang telah dilaksanakan oleh PKS kota Malang, kata Joko, melalui anggota DPRD di Fraksi PKS DPRD Kota Malang.

Kerjasama dengan media yang telah terjalin baik selama ini telah membuahkan hasil dimana Humas DPD PKS Kota Malang mendapat penghargaan sebagai Humas terbaik di tingkat DPW PKS Jawa Timur.

“Semoga kerjasama yang telah terjalin baik selama ini dapat berjalan lebih baik lagi demi kemaslahatan masyarakat melalui kerja-kerja dan pelayanan PKS,” pungkas Joko.

Ketua Fraksi, Bayu Rekso Aji dalam acara tersebut mengatakan ia berterima kasih atas kolaborasi selama ini yang berjalan baik antara FPKS dan media.

“Kami berharap kerja sama ini terus di lanjut kam dan semakin erat semata mata untuk kemajuan Kota Malang,” ujarnya.

Bayu melanjutkan media sebagai salah satu alat kontrol sosial sangat efektif mengawal pembangunan di Kota Malang.

“Kami juga minta maaf apabila selama berinteraksi selama ada salah salah kata atau tindakan dari para anggota Fraksi,” kata Bayu.

“Semangat bersama melayani masyarakat menjadi semangat kita bersama FPKS dan media,” sambungnya.

Sementara itu Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Dapil Malang Raya, Dwi Hari Cahyono saat hadir dalam acara tersebut menyampaikan media dan anggota DPRD itu hampir sama fungsinya.

“Yaitu dengan mengedukasi, menyampaikan informasi dan juga melakukan pengawasan terhadap kebijakan eksekutif,” katanya.

Semoga dengan kordinasi dan kerjasama bersama awak media maka wajah PKS sebagai partai Islam yang rohmatan lil alamien dapat tersampaikan ke masyarakat dengan baik.

“Mengingat PKS juga sudah banyak melakukan pelayanan dan pembelaan kepada masyarakat sebagaimana textline pks, pks pelayan rakyat,” Dwi mengakhiri. (carep01/fir)

Lanjutkan Membaca

Politik

Pelantikan Koordinator RW DPC PKS Kecamatan Klojen dan Kedungkandang

Diterbitkan

,

Ketua DPD PKS Kota Malang, Ernanto Joko Purnomo saat memberikan sambutan (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – PKS Kota Malang menggelar pertemuan Pengurus DPC Klojen dan Kedungkandang pada hari Sabtu, 23 April 2022.

Pertemuan tersebut diselenggarakan di Hotel Montana 2 dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan para pengurusnya.

Tema yang diusung adalah Mewujudkan Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Ketua DPD PKS Kota Malang, Ernanto Joko Purnomo, mengajak para hadirin untuk tetap “asyik” dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

Joko juga mengapresiasi atas semua perjuangan dan pengorbanan para pengurus dan Koordinator RW karena totalitas mengokohkan partai ini.

“Mengingatkan tentang visi bersama berada dalam partai ini adalah untuk mengusung partai Islam yang rahmatan lil’alamin,” ujar Joko.

Peserta yang hadir dalam kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan tersebut sekitar 200 orang dari Kecamatan Klojen dan Kecamatan Kedungkandang.

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Anggota Legislatif DPRD Kota Malang, Bayu Rekso Aji, Trio Agus Purwono dan Akhdiyat Syabril Ulum.

PKS Kota Malang menggelar pertemuan Pengurus DPC Klojen dan Kedungkandang

Kegiatan ditutup dengan pelantikan Pengurus Pleno Kecamatan Klojen dan Kecamatan Kedungkandang serta Koordinator RW.

Materi inti dalam sosialisasi tersebut disampaikan oleh Anggota Legislatif DPRD Provinsi Jawa Timur, Bapak Dwi Hari Cahyono mengajak semua pengurus untuk mewujudkan visi PKS yaitu, sebagai partai Islam yang rahmatan lil’alamin yang kokoh dan terdepan dalam melayani rakyat dan NKRI.

“PKS adalah partai yanng lahir dari rahim negara Republik Indonesia. Partai telah berkomitmen dalam melayani masyarakat dengan pelibatan elemen nonpartai yaitu, adanya dewan pakar PKS yanng berasal dari masyarakat. Partai ini adalah milik masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya disampaikan juga bahwa PKS berkomitmen untuk meningkatkan wawasan kebangsaan bagi para pengurusnya.

Peningkatan wawasan ini dilakukan dengan mengenal lebih dalam tentang Pancasila. Pancasila menjadi unsur penting dan sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara.

PKS menjadikan Pancasila sebagai komitmen bersama dalam menjalankan tugasnya melayani rakyat.

Cara mewujudkan nilai-nilai Pancasila yaitu, melalui 5 sila. Pertama, Ketuhanan yang Esa, dapat diimplementasikan dengan toleransi hidup beragama karena di negara Indonesia tidak hanya terdiri satu agama.

PKS pun sudah mempraktikkan toleransi beragama. Kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, dapat terealisasi dengan bersikap adil dan sopan santun untuk semua orang tanpa membeda-bedakan.

Ketiga, Persatuan Indonesia, dilakukan dengan mewujudkan negara yang sejahtera. PKS mendorong adanya kesejahteraan bagi masyarakat melalui program-program pelayanan yang ada.

Keempat, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, yaitu dengan menyelesaikan masalah yang ada melalui musyawarah mufakat.

Kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, dilaksanakan dengan hukum yang ada harus adil untuk siapa pun.

Selain dengan Pancasila, PKS juga berkomitmen untuk melaksanakan 4 Pilar Kebangsaan lainnya secara utuh yaitu, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

PKS Kota Malang juga membakar semangat para hadirin dengan adanya motivasi spiritual dari Ibu Dewi Irvani, S. Hut.

Tentang “Efektivitas Selftalk Positif untuk Diri Sendiri”. Momentum bulan Ramadan sangat kental dengan spiritualitasnya. Dalam diri manusia terdapat beberapa kecerdasaan, diantaranya adalah kecerdasaan spiritual.

Kecerdasaan spiritual memiliki porsi sebesar 50 % dalam diri manusia. Ketika kecerdasaan ini “beres”, maka yang lain pun akan beres. Beliau mengajak hadirin untuk memaksimalkan dalam menggunakan kecerdasaan tersebut.

Ibu Dewi Irvani membimbing hadirin untuk melakukan “Selftalk” pada otak bawah sadar masing-masing orang dengan penuh kesadaran. Hadirin diminta untuk melepaskan hal-hal yang tidak baik menuju perbaikan diri.

Kegiatan ini ditutup dengan pelantikan Pengurus Pleno Kecamatan Klojen dan Kecamatan Kedungkandang serta Koordinator RW dari masing-masing Kelurahan yang tersebar dari kedua Kecamatan tersebut. (carep01/fir)

Lanjutkan Membaca

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com