Connect with us

Edukasi

PPDB Online 2022 di Kota Malang

Diterbitkan

,

PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) online tahun 2022/2023 di Kota Malang

 

KABARMALANG.COM – PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) online tahun 2022/2023 di Kota Malang akan di mulai 23-25 Mei 2022.

Selasa (17/5/2022), Jalur pendaftaran yang dibuka salah satunya adalah Jalur Afirmasi untuk jenjang SD maupun SMP di Kota Malang.

Untuk jalur afirmasi merupakan jalur yang diperuntukkan bagi CPDB (Calon Peserta Didik Baru) dari keluarga tidak mampu untuk melanjutkan jenjang pendidikan.

Pendaftaran jalur afirmasi ini juga bisa di ikuti bagi disabilitas yang masih mampu mengikuti pembelajaran secara normal.

“Baik jenjang SD maupun SMP, 15 persen dari pagu yang di sediakan pada masing-masing sekolah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana SE MM.

Dia menjelaskan melalui pengumuman dalam situs Disdikbud Kota Malang, kuota jalur afirmasi pada PPDB 2022/2023 telah di tetapkan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan.

Syarat pendaftaran dari jalur Afirmasi  jenjang SD adalah: Peserta merupakan warga Kota Malang yang di buktikan Kartu Keluarga (KK) Kota Malang yang di terbitkan paling singkat 1 tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.

BACA : PPDB SD Kota Malang Jalur Zonasi

Kemudian, calon peserta didik, berusia paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli 2022 dengan di buktikan akta kelahiran.

Di kecualikan paling rendah usia 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli 2022, di buktikan dengan akta kelahiran, dan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.

Dalam hal psikolog profesional tidak tersedia, rekomendasi dapat di peroleh dari Kepala TK atas pertimbangan dewan guru TK.

Dan syarat terakhir adalah, berasal dari keluarga tidak mampu di buktikan dengan kepemilikan Kartu PIP atau penerima dana PIP/PKH/KKS/BPNTD atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari Dinas Sosial Kota Malang.

Untuk waktu pendaftaran tanggal 23-25 Mei 2022.

Setelah itu di lanjutkan, pengumuman tanggal: 27 Mei 2022, dan Daftar Ulang tanggal: 27-28 Mei 2022.

Sedang untuk jenjang SMP, syaratnya adalah, merupakan warga Kota Malang di buktikan dengan Kartu Keluarga (KK) Kota Malang.

Kemudian, berusia paling tinggi 15 tahun pada tanggal 1 Juli 2022 di buktikan dengan akta kelahiran.

Telah lulus dari SD/MI/Sederajat atau telah menyelesaikan seluruh Program Pembelajaran sampai dengan kelas 6 berdasarkan surat keterangan dari kepala sekolah asal.

BACA JUGA : Jalur Afirmasi, PPDB SD di Kota Malang

Selanjutnya, berasal dari keluarga tidak mampu, di buktikan dengan kepemilikan Kartu PIP (Program Indonesia Pintar).

Atau penerima dana PIP/ PKH (Program Keluarga Harapan)/ KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)/ BPNTD (Bantuan Pangan Non Tunai Daerah)/ Surat Keterangan tidak mampu dari Dinas Sosial.

Untuk waktu pendaftaran tanggal 30, 31 Mei dan 1 Juni 2022. Setelah itu di lanjutkan, pengumuman tanggal: 3 Juni 2022, dan Daftar Ulang tanggal: 3 dan 4 Juni 2022. (carep01/fir)

Edukasi

Gamal Goes To School di SMP Negeri 1 Kota Malang

Diterbitkan

,

Gamal Goes To School di SMP Negeri 1 Kota Malang
dr. Gamal Albinsaid, M.Biomed saat memotivasi siswa di SMP Negeri 1 Kota Malang.

 

KABARMALANG.COM – Seminar motivasi Gamal goes to school di SMP Negeri 1 Kota Malang. Seminar ini bertema mendidik anak menjadi pemuda level dunia.

Dihadiri langsung oleh CEO Indonesia Medika, dan founder Malang Cerdas, dr. Gamal Albinsaid, M.Biomed.

“Saya ingin sampaikan kepada kalian, generasi muda untuk bisa menemukan potensi diri yang terbaik,” ujarnya, Jumat (17/6/2022).

Selain siswa dan para guru SMPN 1 Kota Malang, seminar tersebut juga dihadiri oleh beberapa perwakilan dari wali murid.

“Jadi kita harus menemukan passion dan potensi kita,” ucap dr. Gamal.

Untuk dapat menciptakan generasi muda, kata dr. Gamal, yang unggul dan sukses dibutuhkan keluarga yang selalu mendukung.

Menurut dr. Gamal, dengan menemukan passion maka generasi muda dapat memberikan yang terbaik dengan potensinya.

Untuk itu, lanjutnya kita jangan sampai mengorbankan passion karena jika kita ikuti passion, maka keberhasilan hanyalah masalah waktu.

“If you follow your passion success will follow you (Jika anda mengikuti passion anda, kesuksesan akan mengikuti anda),” katanya.

“Dan yang tidak kalah penting adalah belajar keras, karena tiada keberhasilan tanpa kepayahan,” sambunya.

Jadi tanamkan prinsip itu dan kita nggak boleh mau instan di segala sesuatu.

“Harus mau merasakan penderitaan kalau mau meraih keberhasilan, dan yang tak kalah penting, sempurnakan niat,” ujarnya.

“Kalau kita sempurnakan niat maka Tuhan akan menyempurnakan pertolongan-Nya,” pungkas dr. Gamal.

Sementara, salah satu guru SMPN 1 Kota Malang, Farah Ulfa Riadina, S.Pd mengatakan, ada satu hal yang perlu digaris bawahi, yaitu menciptakan anak yang sukses itu berawal dari keluarga yang mendukung menuju kesuksesan.

“Tadi sudah kita dengarkan bagaimana kerja keras orang tua dokter Gamal, terus terang itu membuat saya meneteskan air mata,” ujarnya.

Ternyata perjuangannya tidak hanya anak saja tapi ibunya juga berjuang, dan itu saling bersinergi.

“Allah memiliki kuasa itu, tidak perlu seberapa hebatnya seorang anak, tetapi dukungan keluarga tetap yang utama,” ucap Farah Ulfa Riadina.

Salah satu wali murid SMPN 1 Kota Malang, Risma mengaku senang karena bisa mengetahui bagai mana cara untuk memotivasi anak agar bisa menuju kesuksesan.

“Kesannya sih dokternya enak buat sharing. Jadi kita tahu gimana cara memotivasi anak dan nggak terlalu ngejudge anak,” ungkapnya. (tik/fir)

 

Lanjutkan Membaca

Edukasi

Hari Lahir Pancasila, Ribuan Pelajar Menyanyikan Indonesia Raya di Alun-Alun Tugu Malang

Diterbitkan

,

Hari Lahir Pancasila, Ribuan Pelajar Menyanyikan Indonesia Raya di Alun-Alun Tugu Malang
Ribuan pelajar SMA menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di Alun-Alun Tugu Kota Malang.

 

KABARMALANG.COM – Ribuan pelajar SMA sederajat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di Alun-Alun Tugu Kota Malang.

Rabu (1/6/2022). Kegiatan para pelajar SMA ini untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

“Kami melaksanakan di area ini, karena ini merupakan peristiwa penting Kota Malang dan agar bisa dilihat Bapak Wali Kota Malang,” ujar Amare Amodia Laksita Setiadi Ketua Forum OSIS Malang kepada Wartawan.

Selain menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Garuda Pancasila, mereka juga membawa bendera merah putih.

Amare juga menyampaikan bahwa kegiatan ini direncanakan kurang dari satu bulan.

“Alhamdulillah bisa terlaksana dengan baik dan sangat lancar hari ini,” jelas siswa SMA BSS Kota Malang.

Ide awal acara ini, kata Amare dicetuskan oleh Forum Alumni SMA Tugu. Selanjutnya berkomunikasi dengan Forum OSIS Malang.

Sebanyak 2000 siswa itu tersebut 300 siswa dari SMA Tugu, dan sisanya dari tiap sekolah mengirimkan 40-50 siswa.

Tujuan mereka melakukan kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan menjadikan lebih bangga terhadap Indonesia.

Karena nantinya mereka menjadi pemimpin pemimpin bangsa ini. (carep01/fir)

 

Lanjutkan Membaca

Edukasi

Hari Buku Nasional, Perpustakaan Kota Malang Tingkatkan Pelayanan

Diterbitkan

,

Hari Buku Nasional, Perpustakaan Kota Malang Tingkatkan Pelayanan
Pocadi yang terletak di Taman Trunojoyo ini telah dibuka sejak 11 Mei 2022 yang lalu (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Perpustakaan Kota Malang meningkatkan pelayanan demi menjawab kebutuhan literasi di era digital ini.

Termasuk di era sekarang, perpustakaan harus mampu mengikuti perkembangan zaman dengan memberikan pelayanan dan pengetahuan dalam format digital.

Hal ini tentu amat mendukung situasi saat ini di mana perpustakaan dituntut untuk mampu bertransformasi agar dapat eksis sebagai salah satu pilar untuk mencerdaskan bangsa.

Warga Kota Malang dapat mengunjungi Layanan Pojok Baca Digital (Pocadi) yang menyediakan koleksi buku digital berkualitas yang berasal dari lokal server maupun konten aplikasi iPusnas.

Warga dapat mengakses langsung membaca berformat digital melalui komputer ataupun tablet yang disediakan di sana.

Walau demikian, di pojok baca digital ini juga tetap disediakan buku-buku cetak. Pocadi yang terletak di Taman Trunojoyo ini telah dibuka sejak 11 Mei 2022 yang lalu.

Perpustakaan Kota Malang juga telah memperkenalkan aplikasi perpustakaan daerah yang disebut Malang Mobile Library (M-Mobilib).

Warga bisa mengunduh melalui Play Store. Anggota juga dapat melihat katalog perpustakaan melalui aplikasi ini.

Selain itu ada juga fitur usulan buku, kunjungan kelompok, pinjaman kolektif, dan saran.

“Selama ini orang kalau perpus digital kan (identik) koleksinya. Saya ingin baca e-book, padahal kan tidak. Layanan perpus juga bisa dibuat digital,” ujar Kepala Bidang Layanan dan Pengembangan Perpustakaan Kota Malang, Achmad Supriadi, SE., MM.

“Ini yang kita sebut Malang Mobilib. Kalau untuk koleksi dIgitalnya kita gunakan Malang Cilin yang bekerja sama dengan Gramedia,” tuturnya. (carep01/fir)

Lanjutkan Membaca

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com