Connect with us

Kabar Batu

Sanksi Sosial Diterapkan, Satpol PP Amankan 22 Pelanggar

Diterbitkan

,

KABARMALANG.COM – Satpol PP Kota Batu mengamankan puluhan pelanggar yang bandel tidak menggunakan masker. Mereka ini dikenakan sanksi sosial setelah diterapkan Pemkot Batu tentang masa transisi new normal.

Pasalnya, sejak 5 hari terakhir tercatat sudah ada 22 pelanggar dan didominasi dari warga Batu sendiri.

“Ada sekitar 22 pelanggar terhitung sejak hari Minggu kemarin (05/07). Persentase pelanggarnya 70 persen dari warga Batu sendiri,” ujar Santoso Wardoyo Kabid Ketertiban Umum Satpol PP Kota Batu, Rabu (08/07/2020).

Ia juga mengungkapkan, cukup banyak alasan yang diungkapkan oleh pelanggar ketika ditegur karena tidak menggunakan masker seperti lupa membawa, rusak, dan lain sebagainya.

Menurut Wardoyo, sanksi terhadap pelanggar perwali no 56 tahun 2020 tersebut sebenarnya cukup banyak seperti penyitaan KTP, denda dengan nominal ratusan ribu, dan sanksi sosial.

Namun, lanjutnya, bahwa sanksi sosial di Kota Batu sebenarnya lebih efisien karena selain membantu menjaga kebersihan Kota Batu, sanksi tersebut juga menimbulkan efek jera terhadap masyarakat karena penurunan pelanggaran terjadi secara signifikan.

Salah satu pelanggar pengguna masker yang tertangkap tangan oleh Satpol PP Rangga Agata Putra dan dua temannya, warga Kelurahan Temas mengaku lupa ketika dirinya disuruh membeli tempe oleh orang tuanya. Bocah yang merupakan siswa kelas 2 SMP tersebut terkena sanksi sosial untuk membersihkan sampah sebanyak kantong kresek ukuran besar.

“Tadi lupa bawa masker waktu disuruh beli tempe. Ini malah kena tangkap dan kena tilang,” jelasnya. Ia juga mengaku bahwa dirinya sangat menyesal dan tidak akan mengulangi untuk beraktifitas tanpa menggunakan masker. (arl/fir)

 

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com