Connect with us

Kabar Batu

Suhu Udara Menurun, Kota Batu Diintai DBD

Diterbitkan

||

KABARMALANG.COM – Menurunnya suhu udara di Kota Batu akibat dari peralihan musim penghujan menuju musim panas membuat kota destinasi ini diintai dengan peningkatan yang cukup drastis kasus DBD (Demam Berdarah).

Hal ini dibuktikan dengan tingginya angka DBD dan DD (Demam Dengue) yang terjadi pada tahun 2020 di semester satu.

“Angkanya cukup tinggi. Untuk DBD ada 50 orang yang terpapar sedangkan untuk DD mencapai 61 orang,” ujar dr. Susan Indahwati Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Batu, Rabu (08/07/2020).

Ia mengungkapkan angka ini seolah beriringan dengan jumlah kasus virus covid-19 yang mencapai 88 orang.

Terlebih, menurut Susan pihaknya berkembangnya nyamuk Aedes aegypti cenderung lebih cepat di masa peralihan dari musim penghujan ke musim panas maupun sebaliknya.

Nyamuk penyebab DBD tersebut, lebih menyukai genangan air yang bersih sehingga masyarakat diharapkan bisa memberikan abate pada kamar mandinya.

“Abate gratis di puskesmas jadi bisa dimanfaatkan. Kami harap masyarakat bisa berperan aktif dalam menghadapi ancaman DBD ini,” imbuhnya.

Susan juga menekankan, bahwa peran serta masyarakat dalam melakukan penanggulangan tersebut bisa membantu Dinkes yang saat ini juga tengah mendalami Covid-19. (arl/fir)

 

Advertisement HUT PDIP ke 48

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com