Connect with us

Hukrim

Viral Spesialis Maling Mobil di Exit Tol Leces, Polisi Tembak Tiga Pelaku

Diterbitkan

,

Viral Spesialis Maling Mobil di Exit Tol Leces, Polisi Tembak Tiga Pelaku
Wakapolresta Malang Kota, AKBP Totok Mulyanto Diyono saat rilis komplotan pelaku spesialis pencurian mobil pick up (Foto: Fathi)

 

KABARMALANG.COM – Aksi penangkapan spesialis maling mobil di exit tol Leces, Probolinggo oleh petugas kepolisian viral di media sosial.

Aksi itu terjadi pada Selasa (23/3) dini hari lalu. Polresta Malang Kota bekerja sama dengan Polres Pasuruan Kota dan Polsek Leces membekuk pelaku.

Ternyata, pelaku berjumlah tiga orang. Mereka yang viral adalah spesialis maling mobil pick up di Jawa Timur. Mereka beraksi dengan mengendarai satu mobil Honda Mobilio.

Saat proses penangkapan, ketiganya sempat memberi perlawanan. Mulanya polisi hanya memberikan tembakan peringatan.

Akan tetapi mereka tetap berusaha kabur. Sehingga polisi harus melepaskan tembakan untuk melumpuhkan para pelaku.

“Mungkin dalam video juga sudah jelas, berawal dari tembakan peringatan yang sudah kita lakukan. Itu sudah sesuai dengan SOP,” ujar Wakapolresta Malang Kota, AKBP Totok Mulyanto Diyono kepada wartawan, Kamis (25/3).

“Tetapi mereka coba untuk melawan, dalam perkiraan anggota kami itu akan membahayakan. Makanya anggota kami melumpuhkan mereka,” tambahnya.

Totok mengatakan para pelaku adalah sebuah komplotan spesialis curanmor mobil pick up. Sementara ada tiga pelaku yang tertangkap. Dua pelaku yang lainnya masih menjadi DPO.

Tiga pelaku tersebut adalah Wahyudi, 26, warga Kabupaten Jember, Feri 29, asal Kabupaten Lumajang dan Buha, 26,  dari Kabupaten Jember.

”Mereka adalah buronan Polres Se-Jatim, mereka bahkan pernah mencuri hampir di semua wilayah Jatim. Khususnya mobil pick-up,” jelasnya.

Komplotan ini telah beraksi menggondol tujuh mobil pick up. Mereka mencuri sebanyak tiga kali di Kota Malang. Lalu mereka mencuri di Kabupaten Malang tujuh kali, dan Pasuruan dua kali.

Barang bukti mobil curian komplotan pelaku spesialis pencurian mobil pick up (Foto: Fathi)

Kabar Lainnya : Pintu Tol Madyopuro Resmi Beroperasi.

Sindikat ini mengincar mobil pick up yang terparkir di pinggir jalan. Modusnya adalah merusak lubang kunci pintu mobil pick up dengan menggunakan kunci T.

Saat pintu mobil terbuka, mereka merusak lubang kunci kontak mobil juga dengan menggunakan kunci T.

Totok menceritakan awal mula kronologi penangkapan yang membuat sepak terjang ketiga pelaku harus berakhir di tangan polisi di exit tol Leces.

“Pada hari Senin (22/3), sekitar pukul 10.00 WIB WIB, berdasarkan hasil penyelidikan kami dapatkan informasi bahwa pelaku berada di daerah Sampang, Madura,” jelasnya.

Maka selanjutnya team Resmob berangkat dan melakukan penghadangan terhadap para pelaku di Jembatan Suramadu Madura.

“Sekitar pukul 22.30 pelaku melewati Jembatan Suramadu, selanjutnya polisi melakukan pembuntutan namun kehilangan jejak pelaku,” terangnya.

Pada pukul 23.30 Anggota Resmob melihat mobil pelaku melewati Tol pandaan dan langsung memberi kabar kepada tim yang lain.

“Selanjutnya Team Resmob mengontak team Opsnal Polresta Pasuruan untuk bantuan penghadangan terhadap pelaku,” tutur Totok.

Setelah polisi mengatahui posisi pelaku. Maka Resmob Malang Kota dibantu team opsnal Paskot menempel keberadaan pelaku di pintu tol timur Leces Probolinggo.

Hingga akhirnya polisi berhasil menangkap  3 orang pelaku. Selanjutnya Polisi menggelandang ketiganya beserta barang bukti ke Polresta Malang Kota untuk penyidikan dan pengembangan.

Motivasi mereka melakukan curanmor karena faktor ekonomi. Akibat perbuatan kriminal tersebut, ketiga tersangka terkena pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara.(fat/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih