Connect with us

Pemerintahan

Walikota Sutiaji: Batik Sukun Unik karena Motifnya Unsur Pohon Sukun

Diterbitkan

,

Walikota Sutiaji saat membuka acara Festival Batik Sukun 2020

 

KABARMALANG.COM – Walikota Malang, Drs. H Sutiaji sangat mengapresiasi produk batik khas Kecamatan Sukun, yakni Batik Sukun. Ia anggap unik, karena motifnya menggunakan unsur-unsur dari pohon sukun.

Hal itu diungkapkan Sutiaji dalam kunjungannya pada acara pembukaan Festival Batik Sukun 2020, di UPT Pengelolaan Pemakaman Umum Kecamatan Sukun, Sabtu (03/10/2020).

“Kalau kaitannya dengan keunikan, sukun bisa diberdayakan macam-macam, bisa buahnya, bisa akarnya, bisa daunnya, dan tangkai,” ujar Sutiaji.

Menurutnya juga ada kombinasi untuk melihat khas Kota Malangnya, dengan memberi motif tugu Kota Malang. Jadi bisa dianggap sebagai batik sukun dari Kota Malang. “Saya kira ini seninya macam-macam,” imbuhnya.

Selain itu memang kenapa disebut Batik Sukun, karena produk dari Kelurahan Sukun yang berada di Kecamatan Sukun.

“Daya ungkitnya saya kira tinggi, kita lihat laporan dari Badan Ekonomi Kreatif, pertumbuhan ekonomi dan ekspor, khususnya berkaitan fashion termasuk batik itu tinggi sekali, lebih dari 42 persen,” sambung Sutiaji.

Menurut Sutiaji, yang perlu dioptimalkan adalah bagaimana konektivitas masing-masing kelompok. Menjadi satu kekuatan, kebudayaan, kebiasaan dan pembiasaan.

“Sekarang kan macam-macam, masker aja sekarang batik, taplak juga, semuanya lah,” sambungnya.

Sutiaji berharap, karena batik sudah menjadi budaya khas Indonesia, terlebih sudah ada peringatan hari batik nasional setiap tanggal 2 Oktober. “Semoga masyarakat bisa tumbuh kembang dengan kreativitas-kreativits yang terbangun dengan baik,” pungkasnya. (fat/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih