Connect with us

Pemerintahan

Kuliner jadi Andalan Kota Malang Support Pertumbuhan Ekonomi

Diterbitkan

,

Walikota Malang Sutiaji

 

KABARMALANG.COM – Pertumbuhan ekonomi selama masa pandemi mengalami penurunan, untuk wilayah Jawa Timur saja pertumbuhannya berada di angka -5,9.

Menurut informasi dari Wakil Gubernur Jawa Timur, yang diberikan amanah oleh Gubernur Jawa Timur menjadi satgas recovery ekonomi, bahwa Kota Malang mensupport sebanyak 60 persen, didominasi oleh bisnis kuliner.

“Sebenarnya disini tidak -5,9. Tapi memang masih terdampak, kita sedang merangkak dari tidak minus. Angka 60 persen itu yang banyak tetap masih kuliner yakni makanan siap saji dan frozen, serta sekarang mulai bergerak juga masalah garment,” ujar Walikota Malang, Sutiaji, di Balai Kota Malang, Selasa (08/09/2020).

Terkait program recovery ekonomi, akan dibahas dalam minggu ini. “kita akan kumpulkan untuk satgas, saya masih minta konsultasi dengan BI dan OJK berkaitan dengan recovery ekonomi, karena ada dana-dana stimulus yang diberikan oleh pemerintah yang itu perlu ditangkap,” lanjutnya.

Sutiaji mengatakan bahwa sebenarnya diberikan ruang yang bebas, dan potensinya ada. Hanya saja domain yang berkaitan dengan kredit sedang lesu, karena pasar memang masih lesu. Terkait angka pertumbuhan ekonomi sebesar -5,9, itu secara makro.

Untuk program kredit, Sutiaji mengatakan masih diajukan. “Sebenarnya kredit itu banyak, ada non bunga, dari perbankan semua itu ada. Dari BRI saja sudah menggulirkan, kan dapat jatah 10 triliun. Untuk kelipatannya tiap tahun untuk tiap tiga bulan, mendapat kelipatan tiga kali lipat,” pungkasnya. (fat/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih