Connect with us

Pilbup 2020

Paslon Pilkada 5 Daerah Jalani Tes Kesehatan di RSSA

Diterbitkan

,

KABARMALANG.COM – Sebanyak 8 pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah sudah mendaftar di Pilkada serentak 2020, hari ini menjalani tes kesehatan di RS dr Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

Kasubag Humas RSSA Malang Dony Iryan Vebry Prasetyo menyatakan, hari ini pasangan calon (paslon) yang mengikuti tes kesehatan adalah, dua paslon dari Kabupaten Malang, Sanusi-Didik Gatot Subroto dan Latifah Shohib-Didik Budi Muljono.

Dua paslon dari Kabupaten Jember yakni Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto, dua paslon asal Kabupaten Blitar yaitu Rijanto-Marhaenis dan Rini Syarifah-R Santoso.

Berikutnya adalah satu paslon dari Kota Blitar yaitu Henry Pradipta Anwar-Yasin Hermanto, dan satu paslon dari Kabupaten Banyuwangi yakni Ipuk Festiandani Azwar Anas-Sugirah.

“Hari ini ada paslon dari 5 kota/kabupaten yang menjalani tes kesehatan. Yaitu Kabupaten Malang 2 paslon, Kabupaten Jember 2 paslon, Kabupaten Blitar 2 paslon, Kota Blitar 1 paslon saja, sebenarnya ada 2 paslon. Tapi kita bagi hari Kamis,” terang Doni saat dikonfirmasi, Selasa (8/9/2020).

Dikatakan, sebelumnya RSSA telah menandatangani kerjasama dengan 7 kota/kabupaten yang menggelar Pilkada untuk pemeriksaan kesehatan dan tes psikologi bagi paslon yang mendaftar ke KPU.

Ketujuh daerah itu adalah Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Banyuwangi.

“Dari 7 itu, hanya enam daerah yang sudah menyetorkan nama paslon. Satunya, ada Kediri. Tetapi, KPU meminta jadwal dimundurkan, karena hanya satu paslon yang mendaftar,” terang Doni.

Menurut Doni, paslon dijadwalkan tes kesehatan hari ini, datang sejak pukul 7 pagi. Tes kesehatan meliputi pengambilan sampel darah hingga foto torax dan jantung.

Besok, lanjut Doni, 8 paslon tersebut akan melanjutkan tes psikologi yang dilaksanakan bersama-sama di ruang Majapahit. “Besok semuanya bareng ikut tes psikologi,” tegasnya.

Karena masa pandemi, kata Doni, RSSA sudah mengeluarkan kebijakan wajib swab bagi para paslon. Beruntungnya, seluruh paslon mengikuti tes kesehatan hari ini, sudah menjalani swab dan hasilnya negatif.

“Saat mendaftar, KPU mewajibkan calon untuk jalani swab. Dan semuanya yang ikut tes kesehatan hari ini, hasilnya negatif atau non Covid-19,” beber Doni.

Tes kesehatan kali ini disebut berbeda dengan pelaksanaan Pilkada sebelum Pandemi. Paslon harus berbaur dengan masyarakat lain juga membutuhkan layanan kesehatan.

“Jika dulu pemeriksaan banyak dilakukan di IPU (instalasi pelayanan umum), tentu lebih nyaman dan ada privasi. Sekarang IPU sudah dijadikan in Covid, jadinya paslon harus berbaur dengan poli-poli umum,” pungkas Doni. (rjs/fir)

 

Advertisement Gempur Rokok Ilegal Bea Cukai Malang
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Lelang Jabatan di Lingkungan Pemkab Malang – Kabar Malang Com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih