Connect with us

Kabar Batu

Persiapan Pembangunan Dipercepat, Walikota Ingin Pasar Besar Batu Miliki Fasilitas Lengkap

Diterbitkan

,

KABARMALANG.COM – Keinginan Walikota Batu Dewanti Rumpoko dalam merevitalisasi Pasar Besar Batu yang akan dilaksanakan pada 2021 kedepan membuatnya mempercepat persiapan pembangunan dari jadwal yang ada.

Tercatat masa perencanaan pembangunan yang diagendakan selama 165 hari atau sampai Desember nanti dipercepat menjadi 100 hari atau sampai Oktober nanti.

“Bukannya apa-apa, namun kami hanya ingin nantinya pembangunan fisik bisa terealisasi pada 2021 kedepan tanpa ada keterlambatan,” jelasnya ketika dikonfirmasi Kabarmalang.com pada Kamis (23/07/2020).

Ia juga mengungkapkan, bahwa Pasar Besar Batu ini nantinya diharapkan bisa menjadi salah satu ikon Kota Batu tanpa mengurangi aktivitas perputaran ekonomi yang ada.

Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa Bude tersebut menjelaskan bahwa dirinya ingin Pasar Besar Batu memiliki tiga lantai. Di lantai ketiga itu disebutkan nantinya akan dibuat semi indoor dan diisi dengan musik, kesenian, umkm, dan tempat wisatawan yang bersantai.

“Selain itu kami juga ingin nanti ada lift dan eskalator sehingga pasar ini bisa menjadi tenpat yang ramah disabilitas,” tegasnya.

Ia bahkan juga mengatakan, bahwa berencana untuk berkoordinasi dengan ITS (Institut Teknologi Surabaya) supaya Pasar Besar untuk daya listriknya bisa memanfaatkan tenaga energi panel surya atau matahari.

Terpisah, Ketua Tim Ahli Gedung Bangunan Universitas Brawijaya yang pernah mengawal pembangunan Pasar Sayur tahap 2, Sugeng Prayitno mengatakan rencana pembangunan yang baik dengan menyesuaikan kebutuhan yang ada di daerah dan ketentuan dari pemerintah pusat.

Soal rencana pembangunan revitalisasi Pasar Besar dengan 3 lantai menurutnya dapat dilakukan. “Kondisi medan apapun secara engginering bisa dilakukan dengan teknologi yang ada,” kata Bude.

Dia membeberkan perencanaan pembangunan gedung yang matang tentu sudah melalui penyelidikan tanah. Dengan memperkirakan kekuatan struktur bangunan yang ada diatasnya.

“Jika semua didukung dengan data-data yang lengkap maka Insyallah berjalan dengan lancar,” tukasnya. (arl/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih