Connect with us

Kabar Batu

Dampingi Masyarakat Batu, Dinkes Gandeng Psikolog Tangani Covid-19

Diterbitkan

||

KABARMALANG.COM – Upaya Pemkot Batu dalam mengatasi permasalah psikologis masyarakat yang terdampak Covid-19 mulai digarap dan ditindak lanjuti secara serius Dinas Kesehatan.

Pasalnya saat ini, Dinkes telah menggandeng HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) Cabang Malang sehingga bisa membantu mental warga Kota Batu terutama pasien yang terkena Covid-19.

“Soalnya kendala yang terjadi saat ini lebih banyak menyerang psikologis. Mulai dari warga yang positif tidak mau dipindah ke shelter, serta masyarakat yang melihat bahwa Covid-19 adalah aib,” ungkap Sayekti Pribadiningtias Psikolog Klinis Dinkes Batu, Rabu (22/07/2020).

Berdasarkan dari hasil evaluasi itulah, Dinkes menghitung secara signifikan kebutuhan psikolog yang akan digandeng nantinya.

Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa Nining tersebut membeberkan pendampingan psikolog untuk masyarakat saat ini masih dilakukan oleh dirinya sendiri. Kota Batu membutuhkan 3 psikolog yang nantinya disebar di setiap Kecamatan.

“Tapi menunggu keputusan Dinkes dahulu. Apakah akan ada psikolog untuk tiap shelter, atau untuk tiap desa,” terang Nining.

Ia juga menekankan, bahwa MOU dengan pihak HIMPSI bukan sekedar hanya wacana namun tinggal menunggu penandatanganan antara Dinkes dan HIMPSI.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Kota Batu Heli Suyanto membeberkan bahwa pihaknya cukup mengapresiasi dengan langkah yang dilakukan oleh Dinkes Kota Batu. Hal ini dikarenakan pendampingan terhadap masyarakat merupakan hal utama sehingga bisa mengubah pola pikir yang kalut karena keadaan.

“Kami juga memberikan saran untuk diadakan di tiap desa dengan kader dan didampingi oleh setidaknya dua sampai tiga orang yang mumpuni terhadap psikologis,” tuturnya.

Dia juga menambahkan, tidak ingin upaya dalam menggandeng Psikologis tersebut sebagai jalan agar gugur kewajiban sehingga anggaran Covid-19 bisa terserap. (arl/fir)

Advertisement HUT PDIP ke 48

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com