Connect with us

Kabar Batu

Idul Adha di Masa Pandemi, Penjualan Hewan Qurban Ikut ‘Lesu’

Diterbitkan

||

KABARMALANG.COM – Tren penjualan hewan qurban untuk kebutuhan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada dua pekan mendatang nampak menurun jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini diungkapkan secara langsung oleh pedagang kambing Ranu, 60 tahun warga Dusun Durek Lajar Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji pada Minggu (12/07/2020) di Pasar Hewan, Kelurahan Sisir.

“Biasanya kurang satu bulan sudah banyak pesanan sehingga terkadang yang dibawa ke lapangan sudah tinggal setengah,” ungkapnya.

Ranu juga menambahkan, untuk harga kambing sendiri saat ini masih berkisar di angka Rp 1 juta hingga Rp 4 juta per ekor.

Hal yang sama diungkapkan oleh pedagang sapi Sanuri, 54 tahun warga Kelurahan Sisir Kecamatan Batu. Ia membeberkan bahwa penjualan sapi untuk persiapan Idul Adha 1441 Hijriah sedikit menurun, karena jika dalam kurun waktu satu hingga dua bulan sebelumnya bisa menjual hingga 10 ekor, namun hingga saat ini dirinya hanya bisa menjual 7 ekor saja.

“Kalau harga sapi limosin bisa mencapai Rp 50 juta. Namun sekarang yang banyak dicari dengan kisaran Rp 20 juta hingga Rp 30 juta saja,” ujarnya.

Sanuri juga mengaku bahwa dirinya dan pedagang lainnya memang pesimis sebelumnya, karena masa pandemi Covid-19 benar-benar melumpuh sektor ekonomi di Kota Batu. (arl/fir)

Kabar Batu

Tinggal 10 Hari, Batu Love Garden Beri Diskon Wisatawan Malangan

Diterbitkan

||

Suasana Baloga (Batu Love Garden) wisata di Kawasan Jalan Raya Pandanrejo Kecamatan Bumiaji (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM –Batu Love Garden (Baloga) memberikan promo bagi wisatawan lokal. Harga tiket mendapat diskon khusus KTP Malang Raya.

Diskon ini juga berlaku weekend maupun weekday. Tiket normal weekday harusnya Rp 60 ribu. Tetapi, Baloga mendiskonnya menjadi Rp 45 ribu.

“Sedangkan, weekend Rp 80 ribu menjadi Rp 60 ribu,” ungkap Manager dan Public Relation Jatim Park Group Titik S Ariyanto.

Sehingga, wisatawan Malang raya harus membawa bukti identitasnya. Yaitu, KK, KTP, atau SIM untuk mendapatkan promo tersebut.

Sementara, satu identitas hanya akan mendapatkan satu kali promo.

Selain promo potongan harga, wisatawan juga mendapat wahana gratis. Promo ini pun berlaku untuk KTP Malang Raya.

“Gratis wahana classic car dan jumping cactus. Tinggal 11 hari lagi. Sampai 31 Januari masa berakhirnya promo,” imbuhnya.

Dia juga berharap promo ini menggeliatkan pariwisata Kota Batu. Apalagi, PPKM masih berjalan sampai 25 Januari nanti.(arl/yds)

Lanjutkan Membaca

COVID-19

Kasus Covid-19 Terkendali, Kota Batu Jadi Zona Kuning

Diterbitkan

||

Ilustrasi Alun-alun Kota Batu (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Angka kasus covid-19 Kota Batu terkendali di masa PPKM. Sehingga, Kota Apel ini berganti menjadi zona kuning.

Kadiskominfo Kota Batu Agus Mahmudi menegaskan ini.

“Ini semua berkat seluruh dukungan. Baik dari masyarakat maupun Forkopimda Kota Batu,” terangnya kepada awak media, Rabu siang (20/1) di Balaikota Among Tani.

Dia juga mengungkapkan, covid menurun karena PPKM Batu ketat. Agus merinci, tambahan angka covid-19 hanya 19 kasus.

Baca Juga : Tingkat Penyebaran Minim, Kota Batu Bertransformasi Ke Zona Kuning.

Selama masa PPKM, penambahan pasien positif melambat.  “Sedangkan, 8 – 10 Januari tercatat ada penambahan 23 kasus,” imbuhnya.

Sebab itu, Agus menilai PPKM berjalan efektif di Batu. PPKM memiliki pengaruh penting terhadap zona Kota Batu.

Selanjutnya, Agus menambahkan angka kesembuhan cukup tinggi. Sejak PPKM, kesembuhan tercatat mencapai 1011 kasus.

Sementara, tambahan angka kematian sejak PPKM 4 kasus saja. Meski demikian, Pemkot Batu tidak mau terburu senang.

Baca Juga : Target Kota Malang Masuk Zona Kuning.

Termasuk, membuka peluang sekolah luring. Agus mengaku tidak mau buru-buru mengambil keputusan.

“Kami akan evaluasi dahulu ke depannya. Kami lihat dahulu perkembangan,” tandasnya.(arl/yds)

Lanjutkan Membaca

Hukrim

Komplotan Ranmor Bondet Karangploso Ditembak Di Kedua Kakinya

Diterbitkan

||

Komplotan Ranmor Bondet Karangploso Ditembak Di Kedua Kakinya
Polres Batu saat penyidikan dan menunjukkan tembok rumah warga yang jebol karena bondet. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Komplotan ranmor bondet Karangploso sempat menghebohkan warga. Satu pelaku sempat melemparkan bondet kepada polisi, Kamis (14/1).

Kemarin (19/1), satu komplotan ranmor bondet itu tertangkap. Yakni, Sodir, warga Pasrepan Kabupaten Pasuruan. Dia tertangkap di Terminal Pasrepan.

“Yang tertangkap adalah salah satu komplotannya. Sedangkan yang melempar bom bondet masih belum,” terang Kasat Reskrim Polres Batu AKP Jeifson Sitorus, Rabu siang (20/1).

Komplotan ranmor bondet tertangkap dengan dua tembakan di kakinya. Karena, dia melakukan perlawanan ketika akan tertangkap.

Pelaku ini tertembak di paha, Jumat (15/1). Ini tembakan pertama. Karena, Sodir lari ketika akan terciduk di Langlang Singosari.

Sodir tertembak di paha sebelah kanan. Tetapi, dia tetap berhasil lolos dari kejaran polisi.

Dia terjun ke jurang di Desa Purwoasri Singosari. Baca Juga : Kejar Dua Pelaku Curanmor, Polisi Dilempar Bondet, Satu Tertangkap.

“Lalu, tembakan kedua meletus Selasa kemarin di Terminal Pasuruan. Petugas meluncurkan tembakan karena dia tetap berusaha kabur,” imbuhnya.

Jeifson juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Misalnya, satu set kunci T. Anak kunci T sebanyak 5 buah.

Juga, satu motor merk Honda Vario hitam 2018. Nopol kendaraan ini N-3584-KI. Baca Juga : Komplotan Curanmor Dibekuk, 2 Pelaku Didor.

Sekarang, Polres Batu masih memburu satu DPO lagi. Yakni pelaku inisial FR yang melempar bondet kepada polisi.

Sebelumnya Kabarmalang.com memberitakan adanya komplotan ranmor bondet Karangploso. Kawasan Karangploso geger dengan adanya ledakan bom bondet.

Dua tersangka pencurian motor melemparkan bondet kepada polisi. Saat itu, satu pelaku tertangkap.(arl/yds)

Lanjutkan Membaca
Advertisement HUT PDIP ke 48

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com