Connect with us

Pemerintahan

Bekal Kesenian, Pemuda Kota Malang Dilatih Membatik Khas Malangan

Diterbitkan

,

Pelatihan membatik di Jl Candi Jago no 6 Kota Malang (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Untuk meningkatkan keahlian para pemuda Kota Malang, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang menggelar pelatihan membatik.

Rabu (30/3/2022). Pelatihan membatik ini di ikuti 69 pemuda bertempat di Jalan Candi Jago Nomor 6, Kota Malang.

Analis Kebijakan Muda Disporapar Kota Malang, Khabibah mengungkapkan pelatihan membatik untuk anak-anak muda di Kota Malang ini di berikan untuk mengembangkan wawasan.

Hal ini menjadi bagian dari kegiatan koordinasi, sinkronisasi dan penyelenggaraan peningkatan kapasitas daya saing pemuda kader kabupaten/kota tahun 2022.

“Kegiatan ini akan menjadi bekal anak-anak muda di Kota Malang atas kesenian batik. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa mengajak anak-anak muda untuk lebih mencintai batik,” ujar Khabibah.

Terlebih di Kota Malang, saat ini sudah memiliki batik khas Malang yang di tekuni perajin batik di Jalan Candi Jago Nomor 6, Kota Malang.

Menurutnya, dengan mengajak langsung anak-anak muda belajar membatik di tempat ini di harapkan bisa benar benar-benar bisa di manfaatkan oleh peserta.

“Kami berharap dari sekian banyak anak-anak muda yang saat ini belajar batik , bisa terjun langsung menekuni batik sebagai usaha. Jika itu bisa terwujud, tentu akan sangat bagus untuk pelestarian batik, khususnya batik Malangan,” kata Khabibah.

Sementara itu, pemilik usaha batik khas Malangan Wiwik Niarti mengaku senang banyak anak-anak muda yang mau belajar membatik.

Selama ini, kata dia, banyak sekali pesanan batik khas Malang. Karena keterbatasan tenaga kerja, akhirnya tidak semua pesanan yang masuk bisa di penuhi.

“Tidak hanya kali ini saja, saat belajar nanti setelah pelatihan jika ada yang mau bekerja sama dengan kami saya sangat terbuka,” pungkas Wiwik. (carep01/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih