Connect with us

Serba Serbi

Keranda Terbang Viral Di Malang, Ternyata Ada Film Dan Mitos-Mitosnya

Diterbitkan

,

Keranda Terbang Viral Di Malang, Ternyata Ada Film Dan Mitos-Mitosnya
Video Tiktok tentang keranda terbang di Malang. Mitos tentang ini bahkan menjadi film horor. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Netizen di Malang Raya heboh dengan adanya video Tiktok keranda terbang yang viral.

Dugaan keranda terbang itu terjadi di Bhumi Ngalam tak lepas dari banyaknya netizen yang berkomentar bahwa latar kawasan itu antara sekitar Singosari dan Karangploso.

Dua kecamatan ini, adalah bagian dari wilayah Kabupaten Malang. Tetapi, ternyata film soal keranda terbang sudah pernah ada dan masuk dalam genre horor.

Kabar Lainnya : Viral Di Malang, Ketukan Misterius Pintu Rumah Saat Tengah Malam.

Seperti yang terjadi di Malang, film Lampor Keranda Terbang juga bercerita tentang fenomena yang sama.

Kabar Lainnya : Keranda Terbang Di Malang Viral, Diduga Lokasi Di Singosari-Karangploso.

Lampor: Keranda Terbang merupakan film Indonesia tahun 2019 dengan sutradara Guntur Soeharjanto. Sementara, produsernya adalah Chand Parwez Servia dan Fiaz Servia dengan penulis naskah Alim Sudio.

Film ini tayang pada 31 Oktober 2019, pada perayaan Halloween 2 tahun lalu.

Dalam sinopsis Lampor Keranda Terbang, pemeran utamanya adalah Edwin (Dion Wiyoko) dan Netta (Adinia Wirasti).

Edwin dan Netta bersama dua anak mereka, Agam (Bimasena) dan Sekar (Angelia Livie), kembali ke kampung Netta di Temanggung.

Netta telah meninggalkan kampung itu 25 tahun bersama ibunya yang marah akan perbuatan sesat ayahnya.

Dalam plot film Lampor Keranda Terbang, Netta harus menyampaikan pesan terakhir almarhumah untuk ayahnya.

Netta mengundang curiga dan menerima anggapan bahwa dia pembawa musibah. Karena kampungnya sedang terkena teror Lampor, setan pencabut nyawa yang membawa keranda terbang.

Ayahnya juga meninggal tiba-tiba, sebelum Netta tiba. Edwin berusaha membela istrinya dan percaya akan niat baik kedatangannya.

Namun satu per satu rahasia terkuak. Skandal busuk dan kejadian mengerikan muncul menghantui dan membuat keluarga ini terancam pecah.

Apalagi ketika anak-anak mereka juga nyawanya terancam oleh Lampor Keranda Terbang. Tidak ada jalan lain bagi Edwin dan Netta selain menghadapi itu semua.

Film dengan durasi 1 jam 35 menit dari Starvision ini mendapat rating 6.4/10 dari IMDB. Tetapi, rating pengguna Google untuk film ini mencapai 93 persen.

Lalu apa saja mitos tentang Lampor yang ikonik dengan keranda terbang itu?

1.Mitos Lampur Keranda Terbang Sebagai Pasukan Nyi Blorong.

Seperti lansiran Liputan6.com, sejumlah netizen yang mempercayai mitos Jawa, menganggap keranda terbang yang viral di Malang beberapa waktu lalu sebagai manifestasi Lampor.

Bagi masyarakat pesisir Jawa Tengah dan Jawa Timur, lampor keranda terbang adalah pasukan Nyi Blorong.

Angin kencang dari Laut Selatan yang melewati sejumlah daerah menjadi penanda kedatangannya.

Ketika angin datang, masyarakat membuat suara gaduh dengan memukul kentongan. Tujuannya, agar lampor keranda terbang tidak mampir ke kawasan itu.

Serta, agar tidak memicu pagebluk alias musibah berupa wabah hingga kematian. Versi lain menyebut wabah dari lampor merupakan bentuk kemarahan Nyi Blorong yang kehilangan selendang.

2.Mitos Lampor Keranda Terbang Bikin Orang Jadi Gila.

Bagi masyarakat Jawa Tengah dan Timur lampor keranda terbang adalah makhluk gaib. Lampor mendatangi desa karena ada urusan yang belum usai atau kesalahan yang mesti ada penebusan.

Konon, ada orang yang meyakini keluarganya kena ‘ciduk’ lampor atau mati oleh lampor. Mereka yang terbawa lampor hilang dan tak kembali. Kalaupun kembali jadi orang gila atau linglung.

3.Mitos Lampor Keranda Terbang Bersuara Nyaring.

Orang tua di Jawa sering mengingatkan anaknya yang suka berteriak dengan mengatakan, “Suworomu banter tenan koyo lampor”.

Ujaran ini ada sejarahnya. Konon Lampor datang dengan suara berisik. Dalam film Lampor: Keranda Terbang, suara berisik itu diceritakan berbunyi, “Welwo, welwo, welwo!”

Welwo artinya dijawil lan digawa (dicolek dan dibawa pergi). Anak-anak yang gemar bermain hingga lepas maghrib biasanya mendapat ancaman dari orang tua. Lampor akan membawa anak-anak itu ke alam gaib jika tak pulang sebelum maghrib.

Lalu, apakah keranda terbang yang viral di Malang adalah lampor?(carep-04/yds)

Serba Serbi

Semarakkan HUT RI ke-77, RW01 Pandanwangi Blimbing Gelar Jalan Sehat

Diterbitkan

,

Oleh

Firmansyah
Semarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77, RW01 Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Malang menggelar jalan sehat.

 

KABARMALANG.COM – Semarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77, RW01 Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Malang menggelar jalan sehat.

Sebelumnya, hampir 3 tahun tak bisa memeriahkan akibat pandemi Covid-19 yang menghantam wilayah kesatuan republik Indonesia.

Keceriaan dan kebahagiaan terlihat dari masyarakat Indonesia. Di tahun ini warga bisa merayakan HUT RI ke-77 dan harus di meriahkan.

Selain jalan sehat, sederetan kegiatan lain juga mengisi perayaan HUT RI ke-77 di RW01 Pandanwangi Blimbing, seperti perlombaan, senam dan lain lain.

“Pagi ini, kita menggelar jalan sehat itu bagian dari rangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke-77,” ujar Mariono Ketua RT01/RW01 Kelurahan Pandanwangi, Minggu (14/8/2022).

Adanya kegiatan lomba HUT RI ke-77 ini, Mariono melanjutkan, kita harus mengambil makna dari euforia ini.

kita menggelar jalan sehat itu bagian dari rangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke-77

RT01/RW01 Kelurahan Pandanwangi menggelar jalan sehat itu bagian dari rangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke-77.

Di mana, berkat perjuangan para pahlawan kemerdekaan yang berkorban harta benda hingga nyawa, demi sebuah kemerdekaan NKRI dari tangan penjajah.

“Mari kita isi dan meriahkan, kita jaga kemerdekaan ini dengan memberikan kontribusi dalam membangun wilayah,” ucapnya.

Maka dari itu, sambung Mariono, masyarakat jangan sampai melupakan pengorbanan para pahlawan terdahulu, 17 Agustus 1945 adalah hari sejarah kemerdekaan republik Indonesia.

Mari kita doakan para pahlawan dan juga untuk negeri kita agar kedepannya lebih maju lagi, negeri yang makmur, aman dan sejahtera.

“Saya ucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-77, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, pungkas Mariono. (tik/fir)

Lanjutkan Membaca

Serba Serbi

Peringati HUT RI ke-77, Karang Taruna RW19 Bunulrejo Buka Cafe Ngoselo

Diterbitkan

,

Oleh

Firmansyah
Peresmian Cafe Ngoselo ini di awali dengan nonton bareng (Nobar), laga final Piala AFF U-16 Timnas Indonesia melawan Vietnam. (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Momen menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77 sangat di manfaatkan oleh Karang Taruna RW19 Bunulrejo, Kota Malang.

Kesempatan tersebut, di pergunakan untuk membuka Cafe Ngoselo yang berbasis usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada Jumat (12/8/2022).

“Peresmian Cafe Ngoselo ini kita awali dengan nonton bareng (Nobar), laga final Piala AFF U-16 Timnas Indonesia melawan Vietnam,” ujar Ilham Primarefa, Ketua Karang Taruna RW19 Bunulrejo.

Pasca pandemi, Ilham Primarefa mengatakan, ia bersama teman teman karang taruna di RW19 mengaktifkan kembali, kegiatan yang berbasis UMKM di Bunulrejo.

“Salah satunya dengan membentuk cafe ngoselo ini, yang di kelola bersama teman teman karang taruna,” katanya.

Tema yang di angkat peresmian ini adalah Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Menurut Ilham Primarefa, ini sebagai bentuk dari pemulihan ekonomi dengan kekompakan dan gotong royong.

“Usaha cafe ini sudah lama di dirikan, oleh karang taruna RW19 akan tetapi tutup saat pandemi kemarin,” ungkap Ilham Primarefa.

Ilham Primarefa juga menyampaikan, inilah salah satu langkah nyata kegiatan yang positif dalam bingkai kebersamaan.

“Kedepannya, bersama teman teman akan mengembangkan kegiatan berbasis UMKM di bidang lainnya,” terangnya.

Dia berharap, untuk pengembangan kegiatan yang berbasis UMKM di Kelurahan Bunulrejo nantinya ada dukungan dari pemerintah Kota Malang.

“Untuk pengembangan kegiatan UMKM ini, saya berharap ada dukungan program dari pemerintah daerah,” pungkas Ilham Primarefa. (tik/fir)

Lanjutkan Membaca

Serba Serbi

HUT ke-35 Arema FC, Menarik Perhatian Publik Termasuk Waroeng Steak & Shake di Malang

Diterbitkan

,

Oleh

Firmansyah
HUT ke 35 Arema FC di respon Waroeng Steak & Shake, restoran lokal asli Indonesia yang cabangnya di Kota Malang. (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Salah satu restoran di Malang mengikuti perayaan HUT ke-35 Arema FC. Uforia ini menarik perhatian publik hingga ke media sosial salah satunya Waroeng Steak.

HUT Arema FC tersebut di respon juga oleh Waroeng Steak & Shake, restoran lokal asli Indonesia yang cabangnya juga banyak tersebar di Malang.

Salah satunya yang di lakukan oleh pionir restoran steak dengan harga terjangkau tersebut adalah seluruh crew restoran mengenakan jersey Arema FC saat perayaan hari Arema.

Hal itu di lakukan dalam rangka memberikan apresiasi terhadap prestasi Arema FC di bidang olahraga.

“Jersey kami beli langsung dari beberapa toko di Malang tanpa menawar,” ujar Darsono Manager Area PT Waroeng Steak Indonesia wilayah Jawa Timur, Jumat (12/8/2022).

“Kami berharap dengan membeli jersey tersebut dapat membantu mendongkrak ekonomi di Malang terutama untuk para pelaku UMKM yang berjualan atribut Arema FC,” tambahnya.

Pria yang juga hobi sepakbola tersebut menambahkan, “Jersey dikenakan oleh staf restoran selama 3 hari terhitung mulai tanggal 11 sampai 13 Agustus selama jam operasional outlet,” ujarnya.

Keberadaan Waroeng Steak & Shake sendiri di Malang sudah sejak tahun 2004, terhitung sudah 18 tahun berada di kota apel tersebut.

Sebagai pionir makan steak pakai nasi, Waroeng Steak & Shake memang terlihat aktif melakukan kampanye marketing yang bersifat kearifan lokal.

Yang sudah berjalan dan tergolong sukses, adalah adanya promo hari jadi provinsi/kota/kabupaten, di mana setiap ada hari jadi kota tentu restoran tersebut memberikan promo dengan harga sesuai usia kota tersebut.

Dari kampanye marketing yang unik itu telah berhasil mengantarkan Waroeng Steak & Shake masuk dalam Daftar Pemenang Marketing Award 2022 dari majalah marketing untuk kategori The Best in Marketing Campaign dengan predikat Excellent.

Sebagai informasi tambahan, belum lama ini restoran dengan tagline Steaknya Indonesia itu juga mendapat perhargaan Top Brand 2022 dari Frontier Grup. (tik/fir)

Lanjutkan Membaca

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com