Connect with us

Peristiwa

Inilah Kisah Korban Gempa Malang, Rumah Rata Dengan Tanah

Diterbitkan

,

Inilah Kisah Korban Gempa Malang, Rumah Rata Dengan Tanah
Suwarni dan Iswahyudi saat mengais bata bekas rumahnya yang ambruk akibat Gempa Bumi, Sabtu (10/4). (Foto: Imron Haqiqi)

 

KABARMALANG.COM – Ibarat jatuh tertimpa tangga, begitulah kira-kira kondisi warga Kabupaten Malang yang rumahnya ambruk akibat gempa bumi, Sabtu (10/4).

Sudah tertimpa musibah pandemi covid-19, kali ini bertambah bencana gempa bumi. Apalagi, kurang dari 1 bulan lagi, mereka akan merayakan hari raya Idul Fitri.

Contohnya saja, Suwarni, 52, warga Desa Jogomulyan, Kecamatan Tirtoyudo. Rumahnya ambruk akibat gempa bumi.

Dia mengaku pasrah dengan musibah ini. Meski begitu harapan besar untuk bisa membangun rumahnya kembali tetap tersisip di benaknya, meski entah kapan harapan itu bisa terwujud.

“Ya sedih, tentu saja. Namun untuk saat ini hanya bisa pasrah,” katanya, Rabu (14/4).

Ibu dari 3 anak itu mengaku hanya berharap bantuan dari para dermawan, agar bisa membangun rumahnya kembali, untuk bisa berteduh dari panas dan hujan.

Sementara saat ini, ia tidur di tenda pengungsian fasilitas dari BPBD Kabupaten Malang.

“Apalagi sebentar lagi hampir hari raya (Idul Fitri), mas. Dan rumah saya sudah ambruk begini,” keluhnya.

Kabar Lainnya : Ada 27 Kali Gempa Bumi Selama Bulan Ini.

Tentang sumber ekonominya sehari-hari, Suwarni mengaku berprofesi sebagai buruh tani. Begitupun dengan suaminya, Iswahyudi, 58.

“Kadang buruh petik kopi, kadang ada orang minta tolong carikan sayuran, ya saya kerjakan. Upahnya Rp 20 hingga Rp 25 ribu,” tuturnya.

Sedangkan Iswahyudi biasanya menjadi buruh tani di lahan tebu milik tetangga-tetangganya. Pendapatannya berkisar Rp 30 hingga Rp 40 ribu saja.

Paska rumahnya ambruk, Suwarni bersama Iswahyudi mengais batu bata yang masih utuh, sisa dari bongkahan rumahnya.

“Batu bata yang masih utuh kita bersihkan dan kita tumpuk. Siapa tahu kelak kami akan membangun rumah kembali,” pungkasnya.(im/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih