Connect with us

Serba Serbi

Viral Kata Pelakor, Ini Penjelasan Pakar Bahasa UMM

Diterbitkan

,

Viral Kata Pelakor, Ini Penjelasan Pakar Bahasa UMM
Dosen Prodi Bahasa Indonesia UMM, Faizin, M.Pd (Foto: istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Sepekan terakhir memang kata pelakor menjadi viral lagi. Kata pelakor sendiri adalah akronim kata dari perebut laki orang.

Belakangan ini jagat maya heboh dengan berita penyanyi Nissa Sabyan. Dia mendapat kritikan serius karena tudingan pelakor.

Nissa  menjadi orang ketiga dalam pernikahan Ayus Sabyan-Ririe Fairus. Ayus Sabyan adalah rekan Nissa dalam grup Sabyan Gambus.

Dosen Prodi Bahasa Indonesia UMM, Faizin, M.Pd turut berkomentar. Tetapi, terkait diksi pelakor yang viral dari perspektif linguistik.

“Kalau kemunculan kata pelakor pastinya kan di medsos. Yang rame terkait orang ke 3 sebenarnya. Awal pasti muncul kata tersebut saya tidak memiliki datanya,” ujar Faizin kepada Kabarmalang.com, Rabu (24/2).

“Yang jelas itu muncul di dunia popular. Karena di KBBI pun tidak ada. Yang ada hanya kosakata dasarnya. Yakni perebut dan perampas. Itu yang bisa mewakili kata tersebut,” tambahnya.

Faizin kurang sepakat dengan istilah pelakor. Karena kata itu lebih berkonotasi negatif terhadap perempuan.

Dia mengatakan bahwa seakan perempuan yang menjadi subjek pelaku.

“Padahal secara pelaksanaan, kan pelakunya dua pihak. Karena sama-sama punya keinginan. Entah yang memulai laki-laki atau perempuan,” ungkap Kepala Divisi Internasionalisasi Bahasa UMM itu.

Menurut Faizin, diksi pelakor menjadi tendensius kepada perempuan. Seolah pria tidak punya sumbangsih. Padahal, bisa saja pria yang merayu duluan, lalu si perempuan mau.

“Memang dalam aspek kebahasaaan harusnya dua-duanya. Misalnya pebinor (perebut bini orang). Kalau akronim kan tinggal dibikin,” tuturnya.

Dari situ padanan kata baru bisa terlihat seimbang. Porsi laki-laki juga ada akronimnya. Sehingga, ketika ada polemik rumah tangga, bisa terlihat siapa pelakunya.

Kabar Lainnya : Mahasiswa UMM Ciptakan Aplikasi Koreksi Ejaan.

Menurutnya, simbolisme bergantung dari pelaksanaan, bagaimana hal itu terjadi. Kalau memang subjeknya perempuan yang merebut berarti pelakor.

“Jangan lari ke objek person yang salah. Misalnya laki-laki yang merebut. Kenapa perempuan yang jadi pelakor, padahal laki-laki yang memulai,” tegasnya.

Kata merebut dalam KBBI berarti merampas atau ambil paksa. Artinya si objek tidak mau.

“Kalau perebut, berarti suaminya tidak mau. Kalau memang suaminya melakukan apa-apa. Maka menurut saya tidak tepat denotasinya mengatakan perebut,” jelasnya.

Sehingga, istilah perebut tidak sekonyong-konyong boleh melabeli perempuan. Yaitu yang menjadi orang ketiga di sebuah keluarga.

Faizin memberikan alternatif diksi yang lebih pas. Pelakor bisa ganti dengan diksi wanita idaman lain. Untuk si pria bisa disematkan istilah lelaki tidak setia. Begitu juga sebaliknya.(fat/yds)

Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kuliner

Infused Water Buah Kurma, Ini Resep Dan Khasiatnya Bagi Tubuh

Diterbitkan

,

Infused Water Buah Kurma, Ini Resep Dan Khasiatnya Bagi Tubuh
Infused water kurma dalam botol tumbler (Foto: Fathi)

 

KABARMALANG.COM – Selama bulan Ramadan, buah kurma menjadi salah satu makanan andalan untuk berbuka puasa, termasuk infused water.

Infused water kurma adalah minuman dari hasil merendam campuran air putih dan buah kurma selama beberapa jam.

Kabar Lainnya : Tugas Kuliah Bikin Video Skin Care Alami, Tembus 2 Juta Views.

Infused water buah kurma pun memiliki sebutan lain, yakni air nabeez. Air nabeez ini merupakan minuman favorit Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW merendam kurma di dalam wadah tertutup selama 12 jam. Kemudian, beliau meminum airnya dan buah kurmanya langsung beliau telan.

Barock Mahrie, salah satu pengusaha kurma di Malang mengamini. Infused water kurma juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Kabar Lainnya : Dinkes Gelar Pelatihan Penjamah Makanan.

“Infused water kurma manfaatnya banyak, daripada orang berolahraga pakai doping-doping yang lain, lebih baik pakai infused water,” ujar Barock kepada Kabarmalang.com, Kamis (29/4).

“Bisa menyembuhkan segala penyakit dalam tubuh. Mulai paru-paru, kanker, darah tinggi, kencing manis, terus habis itu mencegah penyakit asma, dan lambung,” sambungnya.

Barock membeberkan resep membuat infused water kurma. Pertama, harus menyiapkan sejumlah kurma kering, yakni seperti jenis kurma sukari, kurma emirat, dan  kurma ajwa.

Kabar Lainnya : Ibu Tua Viral Dipukuli Rutin Belanja di Pasar Mergan.

Selanjutnya, tutuplah botol atau gelas tersebut dengan durasi selama 8-12 jam sebelum menikmatinya. Taruhlah wadahnya di tempat yang tidak terkena sinar matahari.

Selama bulan Ramadan Barock selalu membuat infused water kurma, agar puasa dan ibadahnya yang lain bisa berjalan lancar.

Kabar Lainnya : Jaga Ekonomi Indonesia, Tokopedia Fokus Beri Solusi Tangani Pandemi.

“Saya bikin saat buka puasa untuk sahur. Nanti pas sahur saya bikin untuk buka. Nanti pas buka puasa saya minum airnya, nanti kurmanya saya makan,” jelasnya.

Ia mengatakan efek saat meminum infused water kurma saat sahur membuat daya tahan tubuh lebih kuat dan tidak lemas.

“Konsumsi waktu buka puasa juga enak, saat tarawih kita gak ngantuk, bikin lebih semangat,” akhirnya.(fat/yds)

Lanjutkan Membaca

Serba Serbi

NK Cafe Sumbangkan Rp 53 Juta Untuk Keluarga Nanggala 402

Diterbitkan

,

NK Cafe Sumbangkan Rp 53 Juta Untuk Keluarga Nanggala 402
NK Cafe saat bersama Danlanal Malang. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – NK Cafe sumbangkan Rp 53 juta untuk keluarga Nanggala 402. Ini ungkapan berduka cita atas musibah KRI Nanggala 402.

NK Cafe sumbangkan itu sebagai bentuk solidaritas sebangsa. NK Cafe ikut bersedih atas tragedi tersebut.

KRI Nanggala 402 tenggelam di 838 meter perairan Bali. Sebelum ini, kapal selam AL itu hilang kontak.

Sinyal Nanggala 402 hilang sejak Rabu pekan lalu. Sebanyak 53 awaknya telah gugur.

Owner (Pemilik) NK Cafe, Joni Sujatmoko membenarkan. Militer Indonesia dan tim penyelamat menghadapi tantangan baru.

Tugas terpenting adalah mengevakuasi 53 jenazah awak Nanggala 402. TNI AL pun bertekad mengangkat kapal selam tersebut.

“Awak Nanggala 402 menjaga kita selamanya di dasar laut. Maka kita juga wajib menjaga keluarga mereka,” ucapnya, Rabu (28/4).

Dia yakin banyak pebisnis peduli dengan tragedi Nanggala 402. Dia juga yakin mereka akan solidaritas seperti NK Cafe.

“Sekarang, keberlangsungan hidup keluarga para awak adalah tugas kita,” jelasnya.

Memang, keluarga sudah mengikhlaskan kepergian awak Nanggala 402. Tetapi, warga bangsa akan memelihara keluarga mereka.

“Solidaritas ini kebersamaan dan persaudaraan warga bangsa. Kami juga bangga punya para pahlawan Nanggala 402,” ringkasnya.

Danlanal Malang, Kolonel Laut (P/W) Ni Ketut Prabhawati mengapresiasi. Solidaritas dari masyarakat atas Nanggala 402 sangat berarti.

“Ini luar biasa sekali. Musibah ini tidak hanya kami saja yang rasakan. Seluruh lapisan masyarakat ikut merasakan duka yang mendalam,” katanya sembari berkabung bagi Nanggala 402.

Menurutnya, solidaritas masyarakat ini dapat memberikan support TNI AL. Sehingga, bangsa Indonesia tetap mempertahankan NKRI.

“Saya tidak pernah menduga masyarakat begitu besar memberikan perhatian. Ternyata memang TNI adalah milik rakyat,” ujarnya.

“Dengan musibah ini baru kelihatan bahwa kita memang satu. Kita tidak sendirian sebagai bangsa,” akhirnya.(fir/yds)

Lanjutkan Membaca

Kuliner

Kurma Mesir dan Tunisia Laris Manis di Kota Malang Saat Ramadan 2021

Diterbitkan

,

Kurma Mesir dan Tunisia Laris Manis di Kota Malang Saat Ramadan 2021
Seorang pedagang kurma di Kota Malang sedang menyiapkan dagangannya (Foto: Fathi)

 

KABARMALANG.COM – Kurma Mesir dan Tunisia menjadi primadona saat bulan Ramadan setiap tahunnya. Buah ini menjadi hidangan favorit berbuka puasa masyarakat Indonesia.

Sehingga penjualan kurma saat bulan puasa pun laris manis. Seperti di Jalan Syarif Al Qodri Kota Malang. Kawasan tersebut banyak toko yang menjajakan kurma.

Barock Mahrie, pemiliki Toko Kebun Kurma Malang mengamini. Kurma yang laris manis adalah kurma dari negara Mesir dan Tunisia.

“Hampir di setiap toko pasti jual dua jenis kurma itu. Secara umum, Tunisia dan Mesir yang paling laris. Harganya orang gak mungkin jual mahal,” ujar Barock kepada Kabarmalang.com, Selasa (27/4).

Kabar Lainnya : Wisatawan Mesir Kagumi Keindahan Pantai Ngudel.

Untuk harganya sendiri, kurma Mesir seharga Rp 250 ribu per 10 kilogram. Lalu banderol kurma Tunisia sebesar Rp 285 ribu ke atas untuk 5 kilogram.

Kedua kurma itu menjadi favorit, karena selain untuk konsumsi sendiri, masyarakat juga bisa lebih untung ketika menjualnya kembali.

“Kalau kurma Mesir teksturnya besar, sebutannya itu kurma takjil. Kalau teksturnya kurma Tunisia itu basah, orang menyebutnya itu jenisnya kurma madu,” jelasnya.

Barock mengatakan selain menjual kurma Mesir dan Tunisia. Tokonya juga menjual kurma dari Arab Saudi yakni Kota Madinah dan Jeddah. Lalu dari Uni Emirat Arab dan Aljazair.

Ia menuturkan waktu ramai penjual itu sejak pagi hari mulai jam 9 pagi, dan puncaknya menjelang waktu buka puasa. Masyarakat juga bisa membeli kiloan.

“Periode puncak ramai orang beli kurma itu waktu menjelang lebaran. Kurang satu minggu biasanya ramai, kita lihat nanti,” ucapnya.

Tentunya ia sangat berharap dengan keberkahan bulan Ramadan 2021. “Mudah-mudahan ramai dan meningkat peminat kurma, karena berkhasiat untuk kesehatan dan menjaga diri,” ringkasnya.

Ia menambahkan bahwa mengonsumsi kurma saat berbuka puasa itu sunnah rasul. Sehingga, selain sehat kita pun mendapatkan pahala.(fat/yds)

Lanjutkan Membaca

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com