Connect with us

Gaya Hidup

Hari Kanker Sedunia, Dinkes Kota Malang Ajak Pola Hidup CERDIK

Diterbitkan

,

Hari Kanker Sedunia, Dinkes Kota Malang Ajak Pola Hidup CERDIK
drg. Muhammad Zamroni, Kasi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinkes Kota Malang (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Tanggal 4 Februari adalah hari kanker sedunia. Dinas Kesehatan Kota Malang mengajak masyarakat untuk menjalankan pola hidup CERDIK.

CERDIK adalah sebuah sebuah akronim. “Yakni, Cek Kesehatan, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Olah Raga, Diet Seimbang, Istirahat Cukup dan Kelola Stres Dengan Baik,” ujar drg. Muhammad Zamroni, Kasi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinkes Kota Malang kepada Kabarmalang.com, Kamis (4/2).

Baca Juga : Ini Resiko Rokok Elektrik Bagi Kesehatan.

Selanjutnya, tajuk hari kanker sedunia tahun ini adalah i am and i will. Artinya, secara pribadi dapat memulai dukungan pencegahan penyakit kanker yang banyak menyerang kaum hawa.

“Penyakitnya yaitu kanker payudara dan kanker serviks (leher rahim). Bisa pencegahan dengan melakukan deteksi dini melakukan atau sadari periksa payudara sendiri sedini mungkin,” jelasnya.

Zamroni mengharapkan dengan tema tersebut semua masyarakat bisa bersama-sama melakukan sesuatu, karena semua tindakan masyarakat itu penting.

“Kalimat i am and i will sebagai komitmen dalam diri untuk melakukan sebuah tindakan,” tegasnya.

Kemudian sub temanya yaitu together, all our actions matter. Harapannya, semua masyarakat bisa bersama-sama melakukan sesuatu untuk mencegah, mendeteksi, serta upaya pengobatan kanker.

Kanker bisa sembuh bila terdeteksi sedini mungkin dan tidak berlanjut ke stadium lanjut.

“Deteksi dini untuk kanker serviks bisa melalui periksa IVA ke puskesmas terdekat dan kita bisa mencegah penyakit tidak menular salah satunya penyakit kanker,” tutupnya.(fat/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih