Connect with us

Peristiwa

Gunung Semeru Erupsi, BPBD Waspadai Abu Vulkanik 3 Kecamatan Di Kabupaten Malang

Diterbitkan

,

Aktivitas erupsi Gunung Semeru (Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Dinihari tadi Gunung Semeru meluncurkan awan panas disertai guguran lava pijar. Peningkatan aktivitas Semeru sudah berlangsung selama beberapa hari belakangan.

Meningkatnya aktivitas gunung tertinggi di Pulau Jawa membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Malang ikut waspada. Ada tiga wilayah yang menjadi fokus pemantauan.

Ketiga wilayah tersebut diantaranya Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo dan Wajak.

Menurut Sekretaris BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setiyono menyampaikan, peningkatan aktivitas Semeru hanya membawa material abu vulkanik ke wilayahnya. Tidak lebih dari itu.

“Kabupaten Malang hanya abu saja. Ampelgading, Tirtoyudo, Wajak, memungkinkan kesitu,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (1/12/2020).

Pria yang akrab disapa Walet itu menambahkan, meskipun hanya membawa material abu vulkanik, BPBD menyiapkan sejumlah posko.

“Masih seperti biasa, tapi kita sudah siapkan posko. Kalau anginnya tidak ke arah Barat ya tidak apa-apa,” terangnya.

Lebih jauh, Walet menyebut, upaya yang dilakukan BPBD saat ini masih sebatas patroli di wilayah yang memungkinkan terdampak erupsi Semeru. Patroli dilakukan bersama jajaran samping.

“Kita patroli, karena statusnya masih waspada jadi kita ya memantau. Pemantauan di perketat. Ada sekitar 25 personil gabungan. Dari PMI, Sibat, Potensi dan lain-lain itu,” tutupnya. (imr/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih