Connect with us

Edukasi

Deddy Hernanto, Guru Inspiratif yang Kreatif dan Berprestasi

Diterbitkan

||

Drs. Deddy Hernanto M.Pd.I, pengajar guru kelas di MIN 2 Malang

KABARMALANG.COM – Drs. Deddy Hernanto M.Pd.I, pengajar guru kelas di MIN 2 Malang tersebut ialah guru yang kreatif dan memiliki banyak prestasi (25/11).

Ia memiliki motto yang cukup keren, sebagai seorang guru harus ada apanya, bukan apa adanya. Sebagai guru kalau bisa jangan hanya bisa mengajar saja, namun juga memiliki keterampilan.

Tak hanya itu, ia juga memiliki motto lagi, harus menjadi seorang yang kreatif, inovatif dan sensitif dalam bidang pendidikan. Ia menerapkannya dalam media pembelajaran yang ia tekuni selama 20 tahun.

“Yang kedua saya punya motto itu kreatif, inovatif, dan sensitif. Jadi artinya kreatif, inovatif sensitif artinya kita harus bisa membaca peluang-peluang dalam bidang pendidikan tentunya ya,” ucapnya.

“Terutama kalau saya itu di media pembelajaran. Nah itu saya tekuni mulai dari saya di MIN 1, sampai sekarang ya 20 tahunan lah,” sambungnya.

Deddy membuat media pembelajaran secara otodidak, hingga meraih berbagai prestasi seperti saat ini. Menurutnya, hal tersebut bisa tercapai karena memiliki motto harus berinovasi dan terus bereksperimen.

“Karya saya mulai dari yang konvensional, berbahan ramah lingkungan, sampai yang ke digital. Jadi kalau yang ramah lingkungan itu menggunakan bahan-bahan bekas seperti karton, kertas, dan sebagainya. Saya gunakan untuk misalnya membuat puzzle, membuat kartu permainan,” ujarnya.

Deddy menambahkan, untuk media pembelajaran digital berawal dari ia menyukai editing dan musik. Yaitu berupa eduklip, yang merupakan gabungan education dan klip.

Dalam video klip tersebut ia menggunakan lagu-lagu yang sudah populer. Kemudian ia cover dengan mengubah syairnya dengan materi pelajaran. Iringan musiknya pun juga ia mainkan sendiri.

“Jadi mulai dari main musik, rekaman, editing, semua saya sendiri. Jadi sampai sekarang saya tekuni, saya upload di YouTube. Sekarang sudah lumayan subscribe seribu lebih di channel Deddy Hernanto,” kata Deddy.

Sebagai guru kelas, ia senang bisa membuat banyak materi. Jika ada lomba, ia tinggal mengambil materi sesuai kategori lomba tersebut.

“Kalau saya kan guru kelas itu ya mengajar semuanya (mata pelajaran). Makanya saya bisa membuat materi banyak. Kalau dulu kan (guru) bidang studi ya. Dulu saya awalnya guru IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Jadi media saya dulu IPS saja, tapi kalau sekarang mulai dari matematika sampai apa itu saya buat,” terang Deddy.

“Makanya saya kalau ada lomba tinggal ngambil aja, temanya apa ya itu yang saya ambil. Kemarin lomba IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), walaupun saya bukan dari bidang IPA tetapi Saya punya materi IPA ya saya kirim,” imbuhnya.

Prestasi yang Deddy raih diantaranya juara 1 cipta lagu Kota Malang 2009, juara 1 guru prestasi Kota Malang 2017, juara 1 guru prestasi Jatim, juara 1 quiz insersi KPK, best performance expo literasi Jatim, guru inovator Kemenag Malang 2019, juara favorit video pembelajaran Jatim 2020. (alv/fir)

Advertisement
Klik untuk mengirimkan komentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement HUT PDIP ke 48

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com