Connect with us

Gaya Hidup

Kemenbudur, Kolektif Temu Lintas Seni Kreatif

Diterbitkan

,

Foto: Oneding, salah satu penggagas Kemenbudur (Fathi)

KABARMALANG.COM – Geliat kreasi anak-anak muda Kota Malang sedang subur-suburnya. Beragam seni kreatif muncul ke permukaan untuk unjuk karya.

Agar supaya spirit pergerakannya tetap terawat, tentu membutuhkan sebuah ekosistem yang jadi arena pertemuan pelaku seni kreatif lintas genre.

Dari situ hadirlah Kemenbudur (Kementerian Budaya Urban). Sebuah kolektif bersenang-senang, dengan niat memperkenalkan komponen ekosistem seni Kota Malang.

“Kemenbudur mulai bergerak sejak tahun 2018. Anggotanya ada tiga. Kami sering bikin acara yang lintas genre seni,” ujar Oneding, salah satu penggagas Kemenbudur kepada wartawan, Minggu (21/11).

Oneding menyebut dua tahun ini mereka sudah menghelat event seperti konser musik, workshop tie dye, pop up market, bincang seni visual, dan lain-lain.

“Satu yang berkesan, waktu event musik Roman Urban tahun lalu. Temanya disko-disko, menggabungkan musik ska dan koplo. Sangat membludak dan tiketnya sold out,” kenang Oneding.

Personil band SATCF ini menuturkan di Kota Malang banyak pekerja seni kreatif yang karyanya belum terekspos.

“Kemenbudur hadir untuk memberi panggung kepada mereka, agar orang tahu ada karya-karya anak muda Kota Malang yang bernilai tinggi,” terangnya.

Baginya, Kemenbudur ingin ekosistem di Malang bisa kenal saling satu sama lain, supaya nanti talenta-talenta dari  Malang akan dikenal secara nasional dan internasional.

“Sejauh ini baru Begundal Lowokwaru salah satunya yang sudah keliling Indonesia. Sementara masih ada musisi-musisi di Malang yang kualitasnya gak biasa-biasa aja,” bebernya.

Dia mengaharap suatu ketika di Kota Malang bakal ada acara yang semua kolektif seni kreatif di Kota Malang bisa bergerak bersama

“Event seni bergerak bareng, bukan atas nama uang. Tapi bikin sesuatu yang jadi signaturenya Malang. Kamu bisa lihat acara ini kalau kamu ada di Malang,” tutup Oneding.(fat/rjs)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih