Connect with us

Edukasi

Dinkes Kota Malang Rembug Lintas Sektor

Diterbitkan

,

Hanun, Kabid Dinkes
Agenda Rapat Koordinasi Lintar Sektor yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Malang (Foto : Fathi).

KABARMALANG.COM – Dinas Kesehatan Kota Malang rencananya akan mengadakan agenda pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi angkutan umum, 1 Desember 2020 nanti.

Kegiatan tersebut akan bersinergi dengan berbagai sektor. Agar persiapan acara berjalan matang, Dinkes menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor, di kantor Dinkes Kota Malang, Kamis (19/11).

“Adapun Dinkes berkoordinasi dengan rumah sakit, puskesmas, BNN, terminal, Dishub, Satpol PP, dan  Polresta,” ujar Latifah Hanun, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Malang, kepada Kabarmalang.com, Jumat (20/11).

Hanun mengatakan rapat tersebut membahas rancangan kegiatan tersebut, dengan sasaran berjumlah seratus hingga seratus dua puluh lima pengemudi angkutan umum.

“Pemeriksaannya terkait narkoba, dan pemeriksaan kesehatan secara fisik, seperti penyakit gula darah dan kolesterol. Tempatnya terkonsentrasi di Terminal Arjosari,” jelasnya.

Hanun menjelaskan pada agenda tersebut rencananya akan dipersiapkan juga mengenai alur pemeriksaan dan bagian apa saja yang dipersiapkan.

“Pertama, bagian yang mengarahkan. Kedua, yang melaksanakan penunjang pemeriksaan laboratorium. Ketiga, pemeriksaan secara fisik,” paparnya.

Hanun menambahkan untuk pemeriksaan fisik akan dilakukan oleh Dinkes Kota Malang bersama dengan tim dari Rumah Sakit Persada dan RSUD Kota Malang.

Dia juga merinci untuk personil yang disiapkan. Dari Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Malang ada lima orang, lalu Satpol PP juga lima orang.

“Dari kepolisian lima orang, kemudian Dishub 5 orang, dan dari Rumah Sakit terdiri dari satu tim, antara lain dokter, paramedis, analis kesehatan dan driver,” lanjutnya.

Sementara tujuan dari kegiatan tersebut, supaya bisa mencegah terjadinya human error pada pengemudi angkutan umum di Kota Malang. (fat/rjs)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih