Connect with us

COVID-19

Satpol PP Segera Sidak Kafe Sudimoro Viral

Diterbitkan

||

Kafe di Sudimoro yang viral karena berkerumun tanpa prokes (Foto : Fathi)

 

KABARMALANG.COM – Satpol PP Kota Malang menanggapi laporan masyarakat. Yaitu, soal kafe di Sudimoro yang berkerumun tanpa prokes.

Satpol PP siap sidak, Kamis malam nanti (19/11).

“Ada laporan masyarakat soal kafe Sudimoro yang berkerumun. Langsung ditindaklanjuti dengan operasi gabungan malam nanti,” ujar Priyadi, Kasatpol PP Kota Malang, dihubungi Kabarmalang.com, Kamis siang (19/11).

Priyadi mengatakan, sebenarnya kafe bisa beroperasi. Asalkan protokol kesehatan dijalankan. Tapi, mendatangkan kerumunan melenceng dari aturan.

“Aturannya kan protokol kesehatan. Jaga jarak, pakai masker, cuci tangan, dan hand sanitizer. Apa yang terjadi di kafe itu sudah keterlaluan,” tegasnya.

Dia mengungkapkan akan menindaklanjuti. Jika masih berkerumun, akan langsung dibubarkan.

Sejauh ini, Owner kafe Preston belum memberi keterangan resmi. Kepada Kabarmalang.com, dia meminta waktu untuk memberikan keterangan.(fat/yds)

Klik untuk mengirimkan komentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

COVID-19

Jelang Pilkada, Ratusan Polisi Batu Rapid Tes

Diterbitkan

||

Rapid test kepada anggota Polres Batu yang akan bertugas di Pilkada Kabupaten Malang (Foto : Arul)

KABARMALANG.COM – Polres Batu menggelar rapid test untuk 250 anggotanya. Sebagai deteksi dini sebelum pengamanan Pilbup Malang 2020, rencananya digelar enam hari lagi.

Untuk diketahui, ada tiga kecamatan di Kabupaten Malang, masuk wilayah hukum Polres Batu.

Yaitu, Kasembon, Pujon dan Ngantang. Kesemuanya berada di sisi barat dari Kota Batu. Sebanyak 256 personel Polres Batu diterjunkan untuk pengamanan selama pelaksanaan Pilbup.

“Ada tambahan BKO dan Brimob Polda Jatim 30 personel,” terang Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo, di klinik pratama Polres Batu, Kamis (3/12/2020).

Catur membeberkan, bagi anggota yang kedapatan hasil dari tes cepat reaktif, maka langsung akan menjalani swab.

Catur juga menegaskan, swab massal digelar untuk mencegah adanya klaster baru selama pelaksanaan pengamanan Pilbup Malang 2020.

Catur berharap rapid test, dapat memaksimalkan kerja kepolisian. Dengan kesehatan terjaga, personel bisa mengamankan pelaksanaan Pilbup dengan optimal.

Ratusan personel Polres Batu akan disebar merata di tiga kecamatan. Khusus, Kecamatan Ngantang, aman ditambah personel dari Polda Jawa Timur.

“Anggota Polres Batu disebar rata di Pujon dan Kasembon. Sisanya di Ngantang dan ditambah BKO Polda Jatim,” ujarnya.

Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo.

Kota Batu memang bukan wilayah Kabupaten Malang. Tapi, pelaksanaan Pilbup menjadi sorotan Pemkot Batu.

Terutama dalam ketaatan menjalankan protokol kesehatan. Pasalnya, Ngantang, Pujon dan Kasembon berbatasan dengan Kota Batu. Mobilitas warganya juga melintasi tiga kecamatan ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Kartika Trisulandari, mengungkapkan, disiplin warga untuk menjalankan protokol kesehatan menjadi hal penting.

“Harus memperhatikan protap dengan ketat. Kita tidak ingin Pilkada menimbulkan klaster baru,” pungkasnya.(arl/yds)

Lanjutkan Membaca

COVID-19

Satu Pegawai Positif, BPN Batu Tutup

Diterbitkan

||

Kawasan Kantor BPN Kota Batu, Kamis (3/12) (Foto : Arul)

KABARMALANG.COM – Kantor Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kota Batu menutup pelayanan. Langkah ini menyusul satu pegawai dinyatakan positif Covid-19, berdasarkan hasil swab.

“Ada satu pegawai kami terkonfirmasi setelah swab. Kami langsung melakukan penyemprotan disinfektan. Kami juga melakukan rapid test dan test swab,” jelas Kepala BPN Kota Batu Haris Suharto saat diwawancarai Kabarmalang.com, Kamis (3/12).

Dia telah melaporkan kasus ini ke BPN tingkat provinsi. BPN Jatim akhirnya memerintahkan penghentian pelayanan selama tiga hari.

Setidaknya ada 69 pegawai BPN Kota Batu menjalani rapid tes dan swab. Tes cepat diberlakukan untuk 58 pegawai.

Sementara, 10 lainnya menjalani swab. Karena mereka memiliki riwayat kontak erat dengan satu pegawai yang terkonfirmasi Covid-19.

“10 orang ini kontak langsung dengan pegawai yang positif. Satu pegawai sisanya melakukan tes mandiri,” terang Kasi Penetapan Hak dan Pendaftaran BPN Kota Batu, Kuncoro Bhakti Hanung Prihanto terpisah.

Swab test pegawai BPN Kota Batu (Foto : Istimewa)

Menurut Hanung, pelayanan akan kembali dibuka pada Senin pekan depan.

Pantauan Kabarmalang.com, kantor BPN Kota Batu nampak sepi. Karena aktifitas kegiatan pelayanan berhenti.

Beberapa pegawai terlihat berada di depan kantor. Mereka menjaga pintu masuk. Selain itu, pengumuman penghentian sementara layanan juga dipasang.(arl/yds)

Lanjutkan Membaca

COVID-19

Direstui Perkuliahan Luring, UB Pikir Panjang

Diterbitkan

||

Monevfas UB saat menggelar konferensi pers daring, Kamis (3/12).

 

KABARMALANG.COM – Kemendikbud Dirjen Dikti telah memberi restu pembelajaran luring. Mulai semester genap 2021, pembelajaran luring diperbolehkan.

Kemendikbud Dikti Vokasi juga mengusung model pembelajaran hybrid. Yaitu campuran luring dan daring.

Namun, Universitas Brawijaya Malang belum menentukan sikap. Kampus di Jalan Veteran itu masih pikir-pikir panjang.

“Itu memperhatikan kondisi daerah masing-masing. Perlu koordinasi dengan Satgas Kota dan Kabupaten Malang. Karena, dua kampus kita di dua daerah ini,” ujar Prof Dr Unti Ludigdo Msi Ak, Ketua Monevfas UB, dalam jumpa pers daring, Kamis (3/12).

Menurutnya, perkuliahan luring tidak hanya soal aktivitas dalam kampus. Mahasiswa tidak hanya berkuliah di dalam gedung.

Mereka juga berkegiatan di luar kampus. UB tidak akan bisa membatasi interaksi mahasiswa di luar.

“Diharapkan memang, kerumunan dikurangi dalam kampus. Kantin mungkin bisa ditutup. Tapi, siapa bisa menjamin aktivitas mahasiswa di luar kampus,” sambungnya.

Menurut Unti, UB adalah bagian dari komunitas masyarakat. Selain aktivitas internal kampus, ada aktivitas luar.

Begitu ada aktivitas luar, potensi terpapar covid-19 pun tinggi. Apalagi, ada 75 civitas akademika UB dinyatakan positif covid-19.

“Kasus positif UB terjadi saat berkegiatan di luar kampus,” tambahnya. Sehingga, UB mengaku berpikir panjang andai mempersiapkan perkuliahan luring.

Seperti diberitakan, 75 warga UB terpapar covid-19. Ini akumulasi bulan Juli sampai Desember 2020.

Sebagian dari mereka menjalani isolasi mandiri. Sebagian lagi, dirawat di rumah sakit. Ini sebelum rumah sakit rujukan Malang overload.(carep-04/yds)

Lanjutkan Membaca
Advertisement Iklan Hari Jadi Kabupaten Malang dari Disparbud Kabupaten Malang
Advertisement Iklan Hari Jadi Kabupaten Malang dari Perumda Tirta Kanjuruhan

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com