Connect with us

Ekbis

Permintaan Pasar Tinggi, Harga Bunga Mawar Naik Drastis

Diterbitkan

,

Suasana keseharian petani bunga mawar di Kota Batu

 

KABARMALANG.COM – Jika dimusim penghujan cukup banyak petani yang mengeluh karena harga varietas tanamannya anjlok, hal ini berbeda dengan petani bunga mawar.

Harga bibit mawar mulai melambung dan permintaan dari luar kota yang cukup tinggi membuat petani tanaman hias ini kewalahan.

“Mungkin karena memang sedang musim wisuda. Kalau permintaan paling besar saat ini masih dari Solo dan Karanganyar,” ungkap Hanifah salah satu petani bunga mawar ketika ditemui dirumahnya, Selasa pagi (17/11).

Hanifah menerangkan bahwa dirinya bahkan bisa mengirim 25 ribu bibit dalam kurun waktu satu hari.

Disinggung terkait harga, Hanifah memaparkan harga bibit per polybag sebelumnya hanya Rp. 2500 namun saat ini harganya mencapai sejitar Rp. 3500 sampai Rp. 4500.

Sedangkan untuk harga satu tangkai mawar yang biasanya dipatok dengan harga Rp. 5000 kini naik menjadi sekitar Rp. 7500 sampai Rp. 10.000 tergantung warna mawarnya.

Senada, Indrawati Rahayu yang juga merupakan petani bunga mawar kawasan Desa Sidomulyo Kecamatan Batu tersebut juga mengaku tengah kesulitan dengan permintaan tanaman bunga mawar dari Yogyakarta dan Surabaya.

Indrawati bahkan mengaku tidak mampu menangani permintaan secara penuh.

“Kalau dari Surabaya masih mampu. Namun Yogyakarta sering minta 50 ribu sampai 75 ribu bibit sedangkan produksi kami hanya bisa sampai 20 ribuan bibit,” paparnya.

Indrawati menilai banyaknya permintaan bunga mawar karena mulai adanya kelonggaran untuk melakukan hajatan sehingga momen pernikahan, wisuda, dan khitan menjadi keadaan yang menguntungkan bagi petani bunga. (arl/fir)

 

 

Advertisement Gempur Rokok Ilegal Bea Cukai Malang
2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Harga Mahasiswa, Swab Antigen di RSIA Mawar Malang Laris

  2. Pingback: Wakil Ketua MPR Dukung Tabungan Persalinan, Cegah Mortalitas Bumil

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih