Connect with us

Serba Serbi

Bencana Kebakaran 2020 Sebanyak 56 Kali, Terbesar PT Unirama Duta Niaga Karangploso

Diterbitkan

,

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (PPBK) Damkar Kabupaten Malang (Foto: Imron Haqiqi)

 

KABARMALANG.COM – Sudah menjadi langganan. Memasuki musim kemarau angka bencana kebakaran di Kabupaten Malang mulai meningkat. Puncaknya menurut Damkar Kabupaten Malang biasanya pada bulan Oktober 2020.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (PPBK) Damkar Kabupaten Malang, Goly Karyanto memaparkan sepanjang tahun 2020 sampai bulan September ini bencana kebakaran sudah sebanyak 56 kali.

“Trennya dari tahun kebakaran ini kerap terjadi dari bulan Agustus dan puncaknya pada Oktober, tapi semoga tahun ini menurun,” terangnya, Selasa (29/09/2020).

Lebih rinci, Goly mengatakan pada tahun 2019 lalu jumlah kebakaran di Kabupaten Malang mencapai 96 kejadian. Sedangkan pada tahun 2018 lalu sebanyak 86 kejadian.

“Penyebab kebakaran itu biasanya akibat kelalaian masyarakat. Seperti kompor tidak dimatikan lalu ditinggal keluar, konsleting listrik, dan akibat puntung rokok,” ujarnya.

Berkaitan dengan hal itu, Goly berharap masyarakat lebih waspada lagi, agar angka kebakaran pada tahun ini dapat ditekan.

“Selama ini, kami (Damkar) sudah sering memberikan edukasi terhadap masyarakat. Hanya saja, masih banyak masyarakat yang abai terhadap potensi kebakaran itu,” ujarnya.

Terakhir, Goly mengatakan bahwa selama rentang beberapa tahun terakhir ini, musibah kebakaran paling besar yang terjadi di Kabupaten Malang adalah di PT Unirama Duta Niaga yang berlokasi di Kecamatan Karangploso pada Kamis (24/09/2020) lalu.

“Pada saat itu kita butuh waktu 28 jam untuk memadamkan. Padahal kebakaran Pasar Lawang yang terjadi pada tahun 2019 lalu kita hanya butuh waktu 18 jam untuk memadamkan,” tutupnya. (haq/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih