Connect with us

Serba Serbi

JLC Rehabilitasi 23 Lutung Jawa

Diterbitkan

,

Foto : Lutung jawa yang dikarantina di JLC TAFIP

 

KABARMALANG.COM – Sebanyak 23 Ekor Lutung Jawa saat ini tengah menjalani proses rehabilitasi, sebelum dilepas ke alam liar.

Perimata itu menjalani rehabilitasi di JLC TAFIP (Javan Langur Centre-The Aspinall Foundation Indonesia Program) yang terletak di Coban Talun, Desa Tulung Rejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Rehabilitasi ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan sebelum nantinya lutung jawa dirilis ke alam liar dan dilestarikan

“ini semua kami peroleh dari hasil sitaan BKSDA serta penyetahan dari masyarakat,” ungkap Project Manager JLC Iwan Kurniawan, Selasa (29/9/2020).

Iwan menerangkan dalam JLC TAFIP ini Lutung Jawa akan diperiksa kesehatannya selama tiga bulan kemudian disosialisasi bersama koloninya.

Tak hanya itu saja, dalam kandang lutung jawa juga dipantau proses sosialisasinya. Naluri alamiah mereka dibangun sebelum dilepas liarkan secara berkelompok.

Pengenalan pakan alami dan psikomotoriknya diperhatikan.

“Apakah sudah bisa memanjat-manjat. Nanti pada pelepasannya juga akan dilakukan secara kelompok,” terangnya.

Dijelaskan sebelum masa pelepasan juga dilakukan proses adaptasi selama seminggu dan ketika berhasil maka akan diberikan tanda di ekornya untuk diawasi apakah berkembang biak atau tidak.

“Untuk proses mulai masuk hingga pelepasan di alam liar memakan waktu yang berbeda-beda untuk setia hewan. Dilihat dari segi kesahatan, psikomotorik, kognitif, dan afektif jika sudah bagus makan akan dilepaskan,” ungkapnya.

Iwan menambahkan rata-rata lutung yang telah dilepaskan sudah memiliki koloni mengingat status konservasi lutung jawa saat ini adalah rentan punah. (arl/rjs)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih