Connect with us

Kabar Batu

Miliki UDD, PMI Kota Batu akan Lakukan Pelayanan Donor Tiap Hari

Diterbitkan

,

Kerjasama PMI Kota Batu dan PMI Kabupaten Malang beberapa waktu lalu

 

KABARMALANG.COM – Mimpi Kota Batu untuk memiliki UDD (Unit Donor Darah) selama 19 tahun akhirnya bakal terwujud karena PMI Kota Batu kini telah melakukan kerjasama dengan PMI Kabupaten Malang.

Hal ini diungkapkan Wakil Walikota Batu Punjul Santoso ketika dikonfirmasi oleh Kabarmalang.com pada Minggu siang (13/09/2020).

“Beberapa waktu lalu PMI Kota Batu memang melakukan perjanjian kerjasama dengan PMI Kabupaten Malang dan dihadiri langsung oleh Wakil PMI Kabupaten Malang drg. Mahendra Jaya,” ujarnya.

Punjul mengungkapkan kerja sama berupa bantuan alat penyelenggaraan donor dan pengolahan darah nantinya bertujuan, untuk memudahkan masyarakat Kota Batu melakukan donor dan jika membutuhkan darah, maka tidak perlu pergi ke Kabupaten Malang.

Pria juga menjabat sebagai Ketua PMI Kota Batu tersebut juga menerangkan bahwa pihaknya sebenarnya tidak perlu membutuhkan UDD mandiri mengingat membutuhkan biaya yang cukup mahal sekitar Rp. 2 miliar serta untuk PMI Kota Batu, rata-rata per bulan ada 150 pendonor darah.

Sedangkan, untuk bisa menutup biaya operasional dengan adanya UDD per bulan harus ada 2000 pendonor. “Namun kedepannya akan tetap kami upayakan melalui Dinkes Kota Batu sesuai dengan peraturan yang ada,” imbuh orang dua di Kota Batu tersebut.

Sementara itu Abdul Mutholib Kepala Markas PMI Kota Batu membenarkan bahwa pihaknya saat ini tengah menunggu datangnya peralatan UDD dari PMI Kabupaten Malang. Hal ini dikarenakan nantinya berkaitan dengan penataan tempat untuk meletakkan alat-alat yang ada.

“Kalau sudah datang, harapannya nanti kami akan melakukan pelayanan setiap hari. Jadi siapapun yang ingin mendonor dan membutuhkan darah maka bisa langsung ke PMI Kota Batu,” paparnya.

Abdul Mutholib juga menginginkan kedepannya dengan adanya UDD ini maka PMI Kota Batu bisa kerja semakin maksimal. (arl/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih