Connect with us

Kabar Batu

SILPA Membludak, DPRD : Pemkot Batu Harus Manfaatkan PAK Tahun Ini

Diterbitkan

,

KABARMALANG.COM – Membludaknya SILPA (Sisa Lebih Pembelanjaan Anggaran) Pemkot Batu yang mencapai Rp 310 Miliar pada tahun 2019 mendapatkan sorotan dari DPRD Kota Batu.

Pasalnya, SILPA pada tahun ini tercatat kembali meningkat dibandingkan dengan tahun 2018 sebelumnya yang mencapai Rp 273 Miliar.

“Sudah kami ingatkan seringkali agar Pemkot ini melakukan perencanaan terlebih dahulu sehingga pekerjaan bisa berjalan dengan lancar,” ujar Asmadi Ketua DPRD Kota Batu, Selasa (07/07/2020).

Ia berharap, dengan adanya SILPA yang membesar ini maka pemkot diharapkan bisa memanfaatkan PAK (Perubahan Anggaran Keuangan) tahun 2020 ini.

Senada, Nurrochman Wakil Ketua 1 DPRD Kota Batu juga cukup menyayangkan dengan adanya SILPA yang semakin membesar tiap tahunnya. Secara tegas ia mengharapkan anggota eksekutif bisa memanfaatkan dana recofusing yang tidak terpakai di Covid-19 dan dikembalikan ke program pembangunan fisik di PAK.

“Anggaran yang sudah disiapkan oleh eksekutif untuk penanganan pandemi covid-19 saja milyaran dan yang terserap ada berapa,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, Nurrochman menjelaskan bahwa dari PAK ini bisa menjadi kesempatan pihak eksekutif untuk menghabiskan SILPA tersebut.

Tak hanya itu saja, Didik Machmud Ketua Fraksi Golkar juga memberikan dorongan kepada Pemkot Batu untuk segera membatasi penggunaan dana JPS (Jaring Pengaman Sosial) yang mencapai Rp 102 Miliar.

Hal ini nantinya, bisa digunakan untuk menekan terjadinya penambahan SILPA pada tahun 2020

“Kalau tidak dibatasi penggunaannya nanti malah jadi SILPA. Kecuali yang tidak dibatasi adalah, anggaran insentif untuk tenaga kesehatan karena sudah menjadi haknya,” tambah Didik.

Ia berharap kedepannya Pemkot bisa segera menentukan program prioritas, agar masa pandemi covid-19 tidak dijadikan alasan penambahan SILPA di tahun 2020. (arl/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih