Connect with us

Pemerintahan

Wujud Kesetaraan Bagi Penyandang Disabilitas di Kota Malang

Diterbitkan

,

Momen berbagai pertunjukan mengesankan telah di tampilkan penyandang disabilitas di Kota Malang dalam Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2023

KABARMALANG.COM – Wujud kesetaraan bagi para penyandang disabilitas di Kota Malang. Hal itu terlihat di Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2023 di Malang Creative Center (MCC) lalu.

Di momen tersebut berbagai pertunjukan mengesankan telah di tampilkan penyandang disabilitas di Kota Malang dalam Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2023 tersebut.

Beragam penampilan gerak dan lagu hingga pertunjukkan fesyen di tampilakan dengan apiknya hingga memikat para hadirin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso saat itu menyampaikan rasa haru dan bangganya atas berbagai penampilan dan prestasi para difabel.

Hadirnya para difabel tersebut telah membuktikan bahwa keterbatasan bukanlah halangan untuk berkarya.

Menurut Erik, peringatan tersebut menjadi momentum untuk menguatkan perlindungan pemenuhan hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di semua bidang kemasyarakatan dan pembangunan.

Di sebutkannya bahwa pemerintah berkewajiban untuk menjamin keberlangsungan hidup setiap warganya tak terkecuali para penyandang disabilitas.

Erik menyampaikan bahwa semua manusia memiliki kedudukan hukum dan hak asasi yang sama untuk hidup maju dan berkembang secara adil dan bermartabat.

Pemkot Malang pun terus berinovasi menghadirkan berbagai layanan publik yang inklusif yang mampu memberikan kemudahan akses bagi kelompok rentan, termasuk difabel.

“Ini tentu menjadi komitmen kita dalam mewujudkan kesetaraan hak bagi penyandang disabilitas dengan bebagai upaya penerapan prinsip pembangunan inklusif,” ujar Erik.

“Seperti yang kita telah adakan, dengan Musrenbang Disabilitas sebagai ruang untuk menjadi tempat penyaluran partisipasi dan aspirasinya untuk pemenuhan haknya dalam pembahasan APBD setiap tahunnya,” sambungnya.

Tak hanya itu, Erik juga mengajak masyarakat untuk mengubah stigma bagi para penyandang disabilitas.

“Harus ada pemahaman pada masyarakat bahwa di balik kekurangan pasti ada kelebihan,” katanya.

“Penyandang disabilitas dengan keterbatasannya juga mampu melahirkan prestasi dan kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar,” pungkas Erik

Pada momen Hari Disabilitas Internasional tersebut, Kepala Dinsos P3AP2KB Kota Malang, Donny Sandito menyampaikan bahwa ini menjadi ajanh pengembangan bakat bagi para difabel.

“Kami berharap untuk dapat selalu memenuhi hak-hak dasar saudara kita disabilitas sehingga dapat beraktivitas dan bekerja lebih mandiri dan berkelanjutan,” ujar Donny. (*/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih