Connect with us

Serba Serbi

Dinsos P3AP2KB Sosialisasi Tingkatkan Pelayanan PPKS

Diterbitkan

,

Dinsos P3AP2KB menggelar sosialisasi peningkatan pelayanan bagi PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) di Kota Malang (foto istimewa)

KABARMALANG.COM – Dinsos P3AP2KB menggelar sosialisasi peningkatan pelayanan bagi PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) di Kota Malang.

Kegiatan sosialisasi tersebut di laksanakan di Hotel Savana, Rabu (8/11/2023).

Kepala Bidang (Kabid) rehabilitasi dan perlindungan jaminan sosial Dinsos P3AP2KB Kota Malang, Titik Kristiani mengatakan kegiatan itu merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan.

“Tiga hal yang terus di selenggarakan pilar sosial yakni meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta pelayanan bagi PPKS,” ujarnya.

Tujuannya, kata Titik, untuk mengetahui jenis dan alur pelayanan PPKS melalui standart operasional prosedur.

Di sampaikan juga tidak semua pilar sosial itu orang lapangan. Pertengahan maupun awal tahun ada pergantian sehingga secara berkala harus di lakukan sosialisasi.

“Sosiali dan pertemuan sangat penting di selenggarakan, agar mereka paham tugasnya dalam menghadapi PPKS di wilayah masing-masing,” jelas Titik.

PPKS memiliki beberapa kreteria, ada 26 kategori di antaranya anak terlantar, gelandangan, pengemis, disabilitas, koran perdagangan anak dan lain sebagainya.

Dinsos P3AP2KB Kota Malang meminta yang tergabung dalam pilar sosial tersebut untuk update ilmu yang di berikan.

Titik menyebutkan untuk perkotaan selama ini adalah hal menarik, ibarat seperti kue banyak yang mengerubungi tanpa di lengkapi kemampuan masing-masing bertahan hidup di kota besar.

“Mayoriras yang datang kesini kepingin menikmati kuenya. Tetapi belum tentu bisa bersaing dengan kerasnya hidup di Kota Malang,” ucapnya.

“Selama ini banyaknya yang kita temui seperti pengemis, badut dan sejenisnya rata-rara bukan penduduk asli Kota Malang,” ungkap Titik.

Kita lakukan pembinaan dulu, masih kata Titik, tapi tidak boleh lama harus segera di kembaikan ke wilayah masing-masing.

“Tiap tahunnya angka penurunan PPKS pasti ada, jumlahnya semakin berkurang,” pungkas Titik. (carep01/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih