Connect with us

Serba Serbi

Ekspresi Bahagia Warga, Ikut Program Balik Gratis Polres Malang

Diterbitkan

,

Polres Malang melepas keberangkatan peserta Balik Mudik Gratis di halaman Mapolres Malang, Kabupaten Malang, Jumat (28/4/2023) pagi

 

KABARMALANG.COM – Polres Malang melepas keberangkatan peserta Balik Mudik Gratis di halaman Mapolres Malang, Kabupaten Malang, Jumat (28/4/2023) pagi.

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana mengatakan, kegiatan balik mudik gratis diselenggarakan Polres Malang guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di momen lebaran dan Idul Fitri 2023.

Selain memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan di jalan saat mudik pekan lalu, pihaknya menyediakan angkutan gratis untuk masyarakat yang akan melaksanakan balik mudik.

Seluruh peserta balik gratis diberangkatkan menggunakan tiga unit armada bus dan dua minibus dari Mapolres Malang dan Pos Lantas Karanglo, Singosari. Seluruh armada akan dikawal langsung oleh petugas kepolisian sesuai rute yang ditetapkan.

Sebelum keberangkatan, kepolisian telah menyiapkan bekal makanan untuk seluruh peserta dan pengecekan kesehatan gratis. Termasuk uang saku bagi peserta anak-anak yang ikut dalam program balik mudik gratis.

“Supaya kegiatan mudik tahun ini aman, nyaman dan berkesan, tahun ini Kepolisian mengadakan program mudik dan balik gratis,” kata AKBP Putu Kholis saat ditemui di Polres Malang, Jumat (28/4/2023).

Kapolres menambahkan, tahun ini ada 3 rute balik gratis yang telah disiapkan untuk 122 pendaftar balik mudik gratis. Untuk wilayah Jawa Timur ada 2 rute, yakni Malang – Nganjuk – Madiun – Ngawi, dan Malang – Probolinggo – Jember – Bondowoso.

Selain itu, Polres Malang juga menyiapkan rute jalur Pantura dengan tujuan Malang – Semarang – Pantura Jateng & Jabar – Jakarta.

“Yang mendaftar 132 orang, namun yang fix berangkat ada 122 orang dari Kabupaten Malang. Ada yang ke Probolinggo, Bondowoso, Jember, ada yang ke Jawa Tengah, Pati, Semarang, Tegal, Jawa Barat ada Purwakarta, Karawang, hingga sekitaran Jabodetabek dan Bandung,” ujarnya.

AKBP Putu menyebut, program balik mudik gratis ini sesuai dengan arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin kembali ke kota perantauan setelah menghabiskan masa libur lebaran di daerah asalnya.

Pihaknya berharap, program balik mudik gratis ini bisa terus dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang karena animo masyarakat yang ingin mengikuti cukup banyak.

“Program ini dari bapak Kapolri, seluruh Polres di Jawa Timur melaksanakan semua. Mudah-mudahan tahun depan melihat animo yang cukup banyak di Jawa Timur, khususnya Malang, kita bisa lakukan kembali,” pungkasnya.

Sementara itu, Arifin (45), peserta asal Kecamatan Sumbermanjingwetan, Kabupaten Malang, mengaku bersyukur dapat mengikuti program balik mudik gratis Polres Malang.

Sebelumnya, Arifin mendapat informasi balik mudik dari temannya di Jakarta. Ia lalu mendaftarkan diri beserta 4 anggota keluarganya untuk kembali lagi bekerja di perantauan.

“Rencana mau balik ke Jakarta Timur, Alhamdulillah sangat meringankan beban, karena nyari tiket sulit. Sebelumnya saya mudik naik kereta,” ungkapnya.

Senada dengan Arifin, pemudik Nurul (43) yang akan balik ke Semarang, Jawa Tengah, merasa senang dan bersyukur atas layanan yang disediakan Polres Malang.

“Tahu informasinya dari media sosial, alhamdulillah daftarnya gampang sekali, cuma fotokopi KTP. Alhamdulillah saya bersama keluarga bisa balik ke Semarang secara gratis dengan aman dan nyaman. Terima kasih pak polisi,” kata Nurul. (tik/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih