Connect with us

Serba Serbi

Direktorat Cegah Tangkal BPOM RI Bersama Kris Dayanti Gelar Sosialisasi Obat dan Makanan

Diterbitkan

,

Anggota Komisi lX DPR RI Dapil Jawa Timur V, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang Kris Dayanti, didampingi Camat Batu Dian Saraswati, saat diwawancarai awak media usai kegiatan acara sosialisasi obat dan makanan. (Dod)

 

KABARMALANG.COM – Direktorat Cegah Tangkal BPOM RI bersama mitra kerja Anggota Komisi lX DPR RI Dapil Jawa Timur V, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang Kris Dayanti, menggelar kegiatan acara sosialiasi sekaligus edukasi obat dan makanan, di balai Kecamatan Junrejo, Kota Batu, pada Rabu (1/3/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk menggunakan obat dan makanan yang aman, bermartabat dan bermutu.

Kurang lebih 500 orang baik dari Kecamatan Junrejo, Bulukerto, Sisir, Temas yang ada di Kota Batu, yang turut hadir mengikuti jalannya acara tersebut.

Acara sosialisasi ini sekaligus mengedukasi kepada masyarakat yang ada di Kota Batu, untuk tidak mengkonsumsi obat maupun makanan yang tidak terdaftar pada BPOM RI.

Politisi PDI Perjuangan Kris Dayanti menjelaskan, bahwa sosialisasi yang diselenggarakan tersebut agar masyarakat Kota Batu menjadi paham akan bahaya menggunakan obat dan mengkonsumsi makanan yang tidak terdaftar BPOM.

“Di Kecamatan Junrejo ini memang sudah menjadi target kami untuk terus berupaya mengedukasi masyarakat, jadi masyarakat Junrejo membutuhkan pengetahuan akan bahaya menggunakan obat dan makan terlebih tidak terdaftar pada BPOM,” terang KD sapaan akrabnya kepada awak media.

Wanita asli kelahiran Kota Batu ini juga mengaku senang, karena telah di percaya oleh BPOM RI untuk mensosialisasikan terkait dengan obat dan makanan tanpa adanya standarisasi terdaftar pada BPOM.

“Terus terang saya senang, karena sudah di percaya oleh Direktorat Cegah Tangkal BPOM RI yang berskala nasional untuk memberikan edukasi kepada masyarakat di Kecamatan Junrejo,” ujarnya.

“Alhamdulilah, masyarakat yang hadir juga banyak sekali, terlebih kami juga di dukung Pemerintah Kecamatan Junrejo,” sambungnya.

Diva Indonesia pelantun tembang Menghitung Hari ini juga sangat mengapresiasi kepada masyarakat yang hadir, sekaligus berharap agar ke depan masyarakat Kota Batu juga mengerti dan sadar ketika mengkonsumsi makanan dan obat harus berstandarisasi BPOM.

“Jadi, melalui kegiatan acara sosialisasi ini tingkat kepekaan dan pengetahuan masyarakat tinggi dan sekaligus paham, bahwa ketika menggunakan atau mengkonsumsi obat dan makanan haruslah berstandar BPOM, sehingga aman dan tidak menimbulkan efek samping,” papar KD.

Di tempat yang sama, Camat Junrejo Dian Saraswati mengaku sangat mengapresiasi dan mendukung dengan dilaksanakannya sosialisasi tersebut.

“Kami atas nama Pemerintahan Junrejo mengucapkan terimakasih kepada Mbak Kris Dayanti dan BPOM RI, karena dengan acara ini dapat menambah wawasan kepada masyarakat Kecamatan Junrejo berkaitan dengan keamanan pangan dan obat,” ujar Dian.

Pihaknya juga telah melakukan upaya sosialisasi kepada masyarakat, terkait dengan tidak menggunakan obat dan makanan yang tidak ada BPOM nya.

“Pemerintah kita kan juga sudah melarang agar masyarakat tidak mengkonsumsi makanan yang tidak ada BPOM nya. Bahkan, itu juga sudah di sosialisasikan baik ke tingkat desa, kelurahan maupun juga dengan kecamatan itu kita juga sudah melakukan edukasi aman pangan,” papar Dian.

Berkaitan dengan hal itu, pihaknya juga memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat terkait dengan bahaya-bahayanya jika mengkonsumsi makanan dan menggunakan obat tanpa BPOM.

“Kita juga telah memberitahukan kepada masyarakat akan bahayanya, seperti jika makanan menggunakan semacam pewarna itu kalau tidak dari BPOM sendiri yang menjelaskan, maka tentunya juga masyarakat pada akhirnya juga bertanya-tanya,” urai Dian.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan acara sosialisasi yang diselenggarakan tersebut, agar ke depan masyarakat Kecamatan Junrejo menjadi paham dan tau akan bahaya menggunakan obat dan mengkonsumsi makanan yang tidak terdaftar pada BPOM.

“Ya, harapannya melalui kegiatan ini masyarakat Kecamatan Junrejo dapat memahami, akan bahayanya jika mengkonsumsi makanan yang tidak terdaftar dalam BPOM. Sehingga, sadar kesehatan itu adalah prioritas hal utama yang sangat penting,” tandas Dian.

Sebagai informasi, dalam kegiatan acara sosialisasi itu KD juga memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat Kecamatan Junrejo yang hadir. (dod/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih