Connect with us

Serba Serbi

Cegah Kecelakaan Akibat Asap Tebal di Tol, Polisi Gandeng Jasa Marga Gelar Patroli Gabungan

Diterbitkan

,

Polres Malang bersama petugas Jasa Marga menggelar patroli gabungan mencegah kecelakaan akibat asap tebal di ruas Jalan Tol Singosari-Lawang. (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Polres Malang bersama petugas Jasa Marga menggelar patroli gabungan mencegah kecelakaan akibat asap tebal di ruas Jalan Tol Singosari-Lawang, Kabupaten Malang.

Patroli itu, di ikuti oleh petugas dari Polsek Singosari sebagai salah satu upaya untuk mencegah munculnya kepulan asap di jalan tol.

Hal tersebut, yang sering menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan bebas hambatan.

Masih dalam ingatan, Minggu (18/9/2022) kemarin terjadi kecelakaan beruntun di Jalan Tol Pejagan-Pemalang.

Peristiwa itu, mengakibatkan satu orang korban jiwa yang di sebabkan asap tebal dari pembakaran rumput di pinggir jalan tol.

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat melalui Kanit III Tipidsus Polres Malang Ipda Choirul Mustofa mengatakan bahwa wilayah Kabupaten Malang merupakan salah satu wilayah yang di lintasi oleh jalan bebas hambatan.

Pihaknya, mengantisipasi agar kejadian serupa di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, tersebut tidak terulang di wilayahnya.

“Kami bekerja sama dengan pihak Jasa Marga berupaya melakukan pencegahan dengan melakukan patroli gabungan di ruas jalan tol yang masuk wilayah Kabupaten Malang,” tegas Choirul.

Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Malang, Ipda Andi Agung menambahkan faktor utama terjadi kepulan asap di jalan tol karena kebakaran lahan di sisinya.

Asap tersebut, biasanya terjadi akibat banyak petani yang membakar sisa panennya hingga menyebar ke ruas jalan.

“Bisa juga melalui puntung rokok, yang di buang sembarangan oleh pengendara lalu membakar semak berlukar di sekitar jalan,” ucap Andi.

Pihaknya dari Satuan Lalu Lintas Polres Malang, juga seringkali mengingatkan pengendara agar tidak menyalakan rokok ketika berkendara.

“Selain, mengganggu konsentrasi menyalakan rokok di jalan tol berpotensi kebakaran lahan,” imbuhnya.

Dalam patroli gabungan siang itu, petugas mendapati aktivitas penebangan tebu dan bekas pembakaran tebangan tebu di sisi barat ruas tol Singosari – Lawang tepatnya di Desa Sidodadi, Kabupaten Malang.

Rombongan tersebut, kemudian menepi dan memperingatkan para pekerja agar tidak lagi melakukan pembakaran yang asapnya bisa mengganggu jarak pandang di jalan tol.

Patroli di lanjutkan menuju arah utara, petugas kembali menemukan aktivitas pembakaran sampah di ruas exit tol Lawang tepatnya di belakang perumahan Grand City Residence, Lawang.

Dengan santun, namun tegas petugas patroli mengingatkan warga agar aktivitas pembakaran sampah di hentikan.

Aktivitas pembakaran tebangan tebu, juga di temukan di sisi timur ruas tol Singosari – Pakis.

Hal tersebut, di pengaruhi karena saat ini masih masuk dalam musim panen tebu.

Andi kembali menegaskan, bahwa patroli gabungan antisipasi asap tebal di jalan bebas hambatan ini akan di lakukan secara rutin guna meminimalisir potensi kerawanan kecelakaan di wilayahya.

Namun, jika kepulan asap tetap terjadi, Andi meminta pengemudi untuk lebih waspada.

“Kurangi kecepatan dan nyalakan lampu sorot,” pungkasnya. (tik/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih