Connect with us

Pemerintahan

Penanganan PMK, Pemkot Malang Akan Bentuk Satgas

Diterbitkan

,

Penanganan PMK, Pemkot Malang Akan Bentuk Satgas
Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko. (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan membentuk tim satgas.

“Yang perlu ditindaklanjuti adalah pembentukan satgas dulu,” ujar Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko usai menghadiri rapat koordinasi percepatan penanggulangan PMK dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dia mengatakan, bahwa hasil rapat koordinasi tersebut nantinya akan segera dibahas dan dikoordinasikan dengan instansi terkait dan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang.

“Satgas ini melibatkan, seluruh Forkompimda, dinas terkait dan DPRD Kota Malang untuk merumuskan, menindaklanjuti arahan gubernur dan Forkopimda provinsi,” katanya.

Setelah tim satgas penanggulangan terbentuk, lanjut Bung Edi sapaan akrabnya dipanggil nantinya akan dilakukan penanganan melihat kondisi di lima kecamatan di Kota Malang.

Dilanjutkan dengan mengidentifikasi, hewan ternak yang terkonfirmasi PMK.

Kemudian dilanjutkan dengan penanganan melalui treatment, dengan pemberian antibiotik dan pemberian vitamin kepada hewan ternak.

“Sebelum vaksin ada, itu yang kami lakukan. Karena saat ini ada sekitar 200 an sapi yang positif PMK di Malang,” terangnya.

Selain itu, dalam penanggulangan PMK ini, Pemkot Malang juga akan menyiapkan anggaran melalui BTT.

Hal ini sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang meminta kepada setiap daerah untuk menyiapkan anggaran BTT untuk penanganan PMK.

Khofifah juga meminta setiap kepala daerah untuk melakukan konsultasi dengan kejaksaan negeri (kejari) setempat terkait penganggaran BTT untuk penanganan PMK.

“Saat ini sedang kami susun. Setelah ini secepatnya kami akan segera melakukan koordinasi,” terangnya. (carep01/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih