Connect with us

Pemerintahan

Penilaian KLA Mandiri, Dinsos-P3AP2KB: Semoga Bisa Tahun Ini

Diterbitkan

,

Penilaian KLA Mandiri, Dinsos-P3AP2KB: Semoga Bisa Tahun Ini
Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Penny Indriani (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Penilaian mandiri status Kota Malang sebagai Kota Layak Anak (KLA). Penilaian KLA secara mandiri ini dilakukan sekitar Bulan Maret 2022 yang lalu.

“Untuk penilaian mandiri sih kita sudah 990. Sudah masuk kategori utama,” ujar Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Penny Indriani.

Perempuan berjilbab ini, tapi itu penilaian mandiri ya, kalau di lapangannya kan juga belum tahu. penilaian KLA secara mandiri ini dilakukan sekitar Bulan Maret 2022 yang lalu.

Di mana dari hasil penilaian dan evaluasi mandiri oleh Dinsos-P3AP2KB beserta tim dari berbagai elemen masyarakat, di dapatkan bahwa Kota Malang sudah masuk kategori KLA Utama.

Penny pun mengakui, ketika mengisi jawaban pada aplikasi untuk penilaian mandiri KLA, pertanyaan yang diajukan melalui sistem tersebut sangat banyak.

Terlebih lagi, jika melihat Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 25 Tahun 2021 tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), dalam melakukan penilaian mandiri KLA didasarkan pada 24 indikator KLA yang mencakup kelembagaan dan lima klaster.

“Penilaian KLA Mandiri itu berdasarkan 24 indikator yang mencakup kelembagaan dan lima klaster,” katanya.

Setidaknya untuk kelembagaan terdapat tiga indikator, yakni Peraturan Daerah tentang KLA diantaranya penguatan kelembagaan KLA.

Kemudian peran serta dari lembaga masyarakat, media massa, dunia usaha dalam pemenuhan Hak Anak dan perlindungan khusus anak.

Sedangkan untuk lima klaster tersebut terdiri dari klaster hak sipil dan kebebasan yang terdiri dari tiga indikator yakni anak yang memiliki kutipan akta kelahiran, ketersediaan fasilitas Informasi Layak Anak (ILA) dan pelembagaan partisipasi anak.

“Yang kita kurang itu Perda KLA itu nggak ada. Itu nilainya tinggi. Terus UPT Perlindungan Perempuan dan Anak itu nggak ada. Dua itu tinggi nilainya,” terang Penny. (carep01/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih