Connect with us

Pemerintahan

Wali Kota Sutiaji Melantik DPC IWAPI Kota Malang

Diterbitkan

,

Wali Kota Malang Sutiaji melantik Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Wali Kota Malang Sutiaji melantik Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia periode 2021-2026.

Sabtu (2/4/2022). Pelantikan tersebut di laksanakan di Gedung DPRD Kota Malang.

Wali Kota Sutiaji menuturkan sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Kota Malang, penguatan-penguatan di berbagai sektor di masa pandemi menjadi perhatian utamanya strategi dan pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis ekonomi mikro.

“Kedepannya, 40 persen alokasi anggaran baik APBN maupun APBD harus dapat di alirkan kepada UMKM lokal dan itu sesuai dengan perintah dari Bapak Presiden,” ujar Wali Kota Sutiaji.

Pria ramah ini sangat berharap kebijakan Pemerintah baik pusat maupun daerah dapat di tangkap dengan baik oleh stakeholder khususnya penguatan ekonomi lokal.

Sehingga, terbentuk kemandirian ekonomi dan banyak memunculkan merek-merek lokal yang mempunyai daya saing.

“Ekonomi lokal harus dapat berjalan, pelan tapi pasti sudah di alokasikan, mana yang tingkat lokal, regional, nasional dan bahkan internasional,” lanjut Sutiaji.

Menurut Sutiaji, posisi Indonesia sebagai negara strategis dalam pasar ekonomi dunia menjadi salah satu keuntungan dan juga menjadi tantangan yang luar biasa.

Dengan prediksi di mana Indonesia akan menjadi 4 negara terbesar di dunia di tahun 2050.

Sejalan dengan fakta itu, Sutiaji sangat berharap IWAPI mampu memberikan stimulus terhadap penguatan ekonomi Kota Malang.

Serta mampu menjadi wadah dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Malang untuk dapat meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM di Kota Malang.

“Negara harus hadir dan memberikan manfaat yang besar pada rakyat, pada masyarakat,” katanya.

Visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang tertuang dalam RPJMD juga memberikan penekanan pada konsentrasi Pemerintah Kota Malang terkait dengan langkah-langkah penguatan ekonomi Kota Malang terlebih di pemulihan di masa pandemi seperti sekarang.

“IWAPI Kota Malang harus semangat, saya sebagai pembina berharap program-program yang di munculkan nantinya sinergis dengan kebijakan Pemerintah Daerah dalam membina UMKM di Kota Malang,” ucap Sutiaji.

“Oleh karena itu perlu terus di lakukan penguatan melalui pelatihan-pelatihan, dan itu menjadi tugas dari pemerintah. Disini ada Kepala Diskopindag, ada Ketua Dekranasda, ada Ibu Wali Kota Batu, jadi mari bersinergi,” sambungnya.

Menutup sambutannya, Sutiaji juga mengingatkan tentang bagaimana peran penting perkembangan digitalisasi yang memiliki andil besar dalam menciptakan strategi pemasaran yang efektif.

“Dalam kacamata outlook 2023, Saat ini kita masih dalam disrupsi digitalisasi. Pandemi covid pada akhirnya memberikan percepatan tentang bagaimana digitalisasi harus segera dapat dilaksanakan,” pungkasnya. (carep01/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih