Connect with us

Pemerintahan

Babinsa Karangbesuki Ciptakan Pestisida Berbahan Nabati

Diterbitkan

,

Babinsa Karangbesuki Koramil 0833/04 Sukun, Serma Kuswandi sukses menciptakan produk unggulan untuk Kodim 0833 Kota Malang. Kuswandi, adalah babinsa teritorial Kodim Kota Malang yang menciptakan pestisida berbahan nabati. Dia memanfaatkan bahan rempah-rempah di sekitarnya untuk meracik ramuan organik pembasmi hama. Pestisida nabati ini murni ciptaannya dan telah terbukti berfungsi. "Kelebihan produk ini adalah tidak mengandung racun kimia. Sehingga tidak merusak ekositem," kata Kuswandi dalam keterangan tertulis Penerangan Kodim 0833, Jumat (21/1). Fungsinya selain membasmi tanaman, tetapi juga masuk vitamin. Karena, semua bahannya organik. "Ada bahan-bahan yang tidak laku jual dan harga turun. Kita manfaatkan itu semua," jelasnya. Pembuatannya tidak membutuhkan biaya yang banyak. Karena, harga bahan baktu sangat terjangkau. "Semua bahan pembuatanya tersedia di sekitar kita," jelasnya. Racikan Kuswandi tersebut cukup ampuh dan efektif. Sebanyak 200 mililiter bisa menjadi bahan baku untuk 15 liter air pestisida cair. Kuswandi mengatakan, produk pestisida nabati ini terbuat dari sejumlah bahan alami yang banyak ada di sekitar. Dia pun tidak sekadar menciptakan pestisida nabati tersebut. Kuswandi juga mempraktikkan penggunaannya di wilayah teritorial binaannya. "Kami sudah gunakan pestisida nabati ini di wilayah RW 04 Kelurahan Karangbesuki yang menjadi teritorial binaan saya," kata Kuswandi. Ramuan ini cukup efektif untuk membasmi sejumlah hama. "Misalnya saja hama ulat, trip, kutu daun, belalang, wereng sampai walang sangit," katanya. Pestisida berbahan nabati ini mejnadi produk unggulan dari Kodim 0833 Kota Malang yang bermanfaat bagi masyarakat. Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan pestisida nabati untuk kebun atau tanamannya, boleh datang ke Kodim 0833 Kota Malang untuk mengetahui resepnya.
Serma Kuswandi, Babinsa Karangbesuki saat menunjukkan cara meracik pestisida nabati. (Foto : Penerangan Kodim 0833 for Kabarmalang.com)

 

KABARMALANG.COM – Babinsa Karangbesuki Koramil 0833/04 Sukun, Serma Kuswandi sukses menciptakan produk unggulan untuk Kodim 0833 Kota Malang.

Kuswandi, adalah babinsa teritorial Kodim Kota Malang yang menciptakan pestisida berbahan nabati.

Dia memanfaatkan bahan rempah-rempah di sekitarnya untuk meracik ramuan organik pembasmi hama.

Pestisida nabati ini murni ciptaannya dan telah terbukti berfungsi.

“Kelebihan produk ini adalah tidak mengandung racun kimia. Sehingga tidak merusak ekositem,” kata Kuswandi dalam keterangan tertulis Penerangan Kodim 0833, Jumat (21/1).

Fungsinya selain membasmi tanaman, tetapi juga masuk vitamin. Karena, semua bahannya organik.

“Ada bahan-bahan yang tidak laku jual dan harga turun. Kita manfaatkan itu semua,” jelasnya.

Pembuatannya tidak membutuhkan biaya yang banyak. Karena, harga bahan baktu sangat terjangkau.

“Semua bahan pembuatanya tersedia di sekitar kita,” jelasnya.

Racikan Kuswandi tersebut cukup ampuh dan efektif. Sebanyak 200 mililiter bisa menjadi bahan baku untuk 15 liter air pestisida cair.

Kuswandi mengatakan, produk pestisida nabati ini terbuat dari sejumlah bahan alami yang banyak ada di sekitar.

Dia pun tidak sekadar menciptakan pestisida nabati tersebut. Kuswandi juga mempraktikkan penggunaannya di wilayah teritorial binaannya.

“Kami sudah gunakan pestisida nabati ini di wilayah RW 04 Kelurahan Karangbesuki yang menjadi teritorial binaan saya,” kata Kuswandi.

Ramuan ini cukup efektif untuk membasmi sejumlah hama.

“Misalnya saja hama ulat, trip, kutu daun, belalang, wereng sampai walang sangit,” katanya.

Pestisida berbahan nabati ini mejnadi produk unggulan dari Kodim 0833 Kota Malang yang bermanfaat bagi masyarakat.

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan pestisida nabati untuk kebun atau tanamannya, boleh datang ke Kodim 0833 Kota Malang untuk mengetahui resepnya.(carep-04/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih