Connect with us

COVID-19

Dinkes Sediakan 900 Rapid Test Antigen Pada Setiap Pos Penyekatan

Diterbitkan

,

Satu Warga Singosari Positif Omicron, Ditulari Warga Kota Malang
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo. (Foto: Imron Haqiqi)

 

KABARMALANG.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang turut berpartisipasi demi kelancaran kegiatan penyekatan musim mudik lebaran 2021.

Bentuk partisipasi itu adalah menyediakan ratusan rapid test antigen di setiap pos pengamanan dan pos pelayanan Kabupaten Malang.

“Untuk mendukung dan membantu penyekatan, kami sediakan total 900 rapid tes antigen. Kami juga sebar di pos pos pelayanan dan pengamanan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo.

Pada setiap pos penyekatan, menurut Arbani, Dinas Kesehatan menyediakan masing-masing 100 buah alat rapid test.

“Penyediaan alat rapid test ini atas dasar intruksi Polres Malang dan Polres Batu. Karena, wilayah Kota Batu ada sebagian yang berbatasan dengan Kabupaten Malang. Sehingga setiap pos ada 100 alat rapid test antigen,” tuturnya.

Rinciannya, alat rapid test antigen tersebar di 8 pos pengamanan dan 2 pos pelayanan yang di bawah komando Polres Malang. Serta 2 pos yang di bawah komando Polres Batu.

“Untuk Polres Malang itu ada di Exit tol Lawang, Singosari, Pakis, dan pos pelayanan Perempatan Balekambang, Ampelgading, Sumberpucung, Karangkates, serta rest area Karangploso,” rincinya.

“Sedangkan yang kedua ikut Polres Batu ada 2 titik, yakni di Kecamatan Kasembon Ngantang,” sambungnya.

Sementara itu, selain rapid tes antigen, Dinas Kesehatan Pemkab Malang juga menyiagakan tim medis di masing masing pos, seperti para perawat dan dokternya.

“Untuk pelaksana lapangan atau yang melakukan tes kepada pemudik yang kedapatan, tetap tanggung jawab tim medis. Jadi, semua akan kami siapkan berikut sopir ambulannya,” tutup Arbani.(im/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih