Connect with us

Kabar Batu

Rakor Evaluasi PPKM Mikro V, Pemkot Batu Antisipasi Tambahan Kasus

Diterbitkan

,

Rakor Evaluasi PPKM Mikro V, Pemkot Batu Antisipasi Tambahan Kasus
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Foto : Diskominfo Kota Batu)

 

KABARMALANG.COM – PPKM mikro tahap V di Kota Batu dalam minggu pertama menunjukkan angka kesembuhan mencapai 90 persen.

Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko menyampaikan itu dalam rapat evaluasi PPKM mikro secara virtual di Rupatama Balaikota Among Tani, Selasa (13/4).

“Daripada PPKM mikro 1, 2, 3 dan 4, PPKM mikro tahap ke-5 menunjukkan penurunan tren pasien terkonfirmasi positif. Kesembuhan rata-rata 2 orang per hari dengan persentase 90 persen,” kata Dewanti.

Meski demikian, ada 2 kasus kematian yang terkonfirmasi positif dalam beberapa hari terakhir di Desa Sumberbrantas. Ini menyebabkan zona kuning di Kota Batu mengalami penambahan.

“Zona kuning mengalami penambahan dari yang sebelumnya di PPKM 4 ada 11, sekarang bertambah 1 menjadi 12. Sedangkan angka zona hijau saat ini 1.126,” imbuh Dewanti.

Pemkot Batu akan mengantisipasi penambahan kasus di Bulan Suci Ramadhan. Sehingga, Pemkot mengimbau seluruh desa/kelurahan untuk memperketat prokes.

Pemberlakuan protokol kesehatan di masjid dan musala pun harus termonitor.

“Kami telah berkoordinasi dengan kepala desa dan lurah di Kota Batu. Kami memantau masjid dan musala yang melakukan kegiatan tarawih dan tadarus,” terangnya.

Untuk persiapan lebaran, sebagai kota wisata, Pemkot Batu telah memprogramkan vaksinasi bagi pelaku usaha di Kota Batu.

Sedangkan untuk pendatang yang ke Kota Batu harus menunjukkan hasil vaksinasi dan rapid antigen.

Asops Kodam V Brawijaya, Kolonel Inf Handoko Prasetyo memberikan apresiasi atas antisipasi Pemkot Batu untuk menekan penambahan kasus.

“Kami mengapresiasi langkah-langkah antisipasi dalam bulan suci Ramadan dan arus mudik. Pengurangan zona hijau bisa terkontrol ke depannya agar bisa berkurang lagi,” kata Handoko.

Asops Kodam V Brawijaya juga menghimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama Ramadan.

Dia meminta Pemkot mengintensifkan pembersihan masjid dan musala. Dia juga berpesan agar masyarakat menggunakan sajadah masing-masing saat tarawih.

Kemudian, dia meminta warga tidak melaksanakan sahur on the road.(fir/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih