Connect with us

Gaya Hidup

Tips Menjalankan Ibadah Puasa Pasien OTG Covid-19 Ala Kemenag

Diterbitkan

,

Tips Menjalankan Ibadah Puasa Pasien OTG Covid-19 Ala Kemenag
Kepala Kemenag Kabupaten Malang, Musta'in (Foto: Imron Haqiqi)

 

KABARMALANG.COMKemenag Kabupaten Malang membagi tips menjalankan ibadah puasa bagi pasien OTG covid-19.

Karena, tinggal menghitung hari, umat Islam sebentar lagi akan menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Warga yang terkonfirmasi positif covid-19 tetap bisa menjalankan ibadah puasa.

Kepala Kemenag Kabupaten Malang, Musta’in membenarkan. Dia pun membagi tips menjalankan ibadah puasa bagi pasien OTG covid-19.

Agar imun tetap terjaga meski menjalani ibadah, Musta’in menyarankan masyarakat makan dengan makanan yang bergizi dan penuh vitamin, baik saat sahur maupun buka puasa.

“Tips lainnya juga, agar sahur di akhir waktu sahur. Misalnya ketika waktu imsak kurang 5 menit,” tuturnya, Kamis (8/4).

Kabar Lainnya : Tips Lolos Tes CPNS, Konten Andalan Dosendeso.

Setelah itu, dia memberi tips lainnya bagi OTG untuk puasa. Yaitu, dia meminta pasien OTG tidak terlelap usai makan sahur.

“Usai sahur jangan tidur kembali, tetapi bisa menunggu waktu subuh, kemudian jalan-jalan,” ringkasnya.

Selama kondisi pasien OTG normal, mereka bisa menjalani puasa. Sebaliknya, pasien yang mengalami gejala covid-19, boleh meninggalkan puasa.

“Kecuali bagi pasien yang Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Mereka kan mengalami sakit dan di rumah sakit. Jadi boleh meninggalkan puasa,” ungkapnya.

Sementara vaksin juga tetap bisa berjalan meski tengah menjalani ibadah puasa. Dia menegaskan vaksinasi tidak membatalkan puasa.

Sebab, menurutnya vaksinasi masuk ke tubuh dengan cara suntik. Vaksinasi tidak terjadi melalui saluran yang membatalkan puasa.

“Biasanya orang yang usai vaksin lapar atau mengantuk. Maka sebaiknya tidak beraktivitas yang berat-berat dan beristirahat, agar ibadah puasanya tetap terjaga,” tutup Musta’in.(im/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih