Connect with us

Politik

Tak Puas Kinerja DPD, Forum DPC PAN Kota Malang Ingin Kembalikan Kejayaan PAN

Diterbitkan

,

Suasana konsolidasi Forum DPC PAN Kota Malang (Fathi)

 

KABARMALANG.COM – Jelang Musyawarah Daerah ke V DPD PAN Kota Malang, yang akan terhelat pada Sabtu (13/2). Forum Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai PAN Kota Malang menggelar konsolidasi.

Dalam kesempatan itu, Forum DPC menyampaikan ketidakpuasan akan kinerja DPD PAN Kota Malang sejauh ini. Sehingga mereka ingin perbaikan PAN di Kota Malang.

“Sampai hari ini pencapaian DPD PAN Kota Malang sendiri terus menurun. Sehingga apa yang ingin kami capai dengan tidak ada conflict of interest,” ujar Amirul Mukminin, Koordinator Forum DPC PAN Kota Malang kepada Kabarmalang.com, Jumat (12/2).

Pihaknya mengusulkan salah satu kriteria untuk ketua yang baru yang cocok untuk mengembalikan kejaayaan PAN di Kota Malang adalah dari luar pihak yang berkecimpung di DPRD Kota Malang.

“Pertama yang kami (usulkan) yang akan datang itu non dewan. Kenapa non dewan? Karena kami sudah berpengalaman dengan ketua DPD dari dewan,” terangnya.

Dia berharap jika ketua dari non dewan maka tidak ada conflict of interest dengan kepentingan personal sebagai bagian dari DPRD.

Amirul juga mengkritik terkait pemilihan pengurus di DPD PAN yang pertimbangan keputusannya ditentukan oleh DPP PAN.

“Karena pemilihan formatur yang menjadi kewenangan DPP itu menjadi ruang sempit bagi kami,” ujarnya.

Maka dari itu, pihaknya mendesak agar DPP PAN, bisa memilih Ketua DPD PAN  Kota Malang yang memiliki kejujuran, integritas, dan kredibilitas.

Ketua DPC PAN Lowokwaru itu juga menyoroti konsolidasi di DPD PAN Kota Malang yang begitu rendah, sehingga kaderisasi di DPD PAN Kota Malang seperti lenyap.

“Ini yang sudah terjadi selama ini. Kami berharap tidak terjadi lagi di kemudian hari, bahwa potensi teman-teman di cabang, paling tidak memiliki semangat lebih, besar dan tidak bisa diabaikan,” tegasnya.

Amirul juga mengatakan bahwa dari 73 perwakilan anggota PAN Kota Malang yang memiliki suara sah, setidaknya 53 diantaranya telah menyampaikan dukungan kepada formatur yang bukan dari anggota DPRD Kota Malang.

“Kami beberapa waktu yang lalu sudah menggagas untuk mengajukan beberapa pilihan calon ketua atau calon formatur, dan kami punya data otentik didukung oleh 53 yang memiliki suara,” tuturnya.

Dukungan dari 53 perwakilan anggota DPD PAN Kota Malang tersebut sudah diberikan kepada empat calon formatur yang diharapkan dapat menjadi pengurus DPD PAN Kota Malang.

“Kita mengusulkan empat nama calon formatur yakni Dito Arief Nurakhmadi, Ferry Adha Adhianto, Ali Said dan Ipung Suranto,” tutupnya.

Sebaga informasi, keempat nama yang dicalonkan untuk menjadi calon formatur tersebut saat ini menjabat di kepengurusan DPD PAN Kota Malang.

Dito Arief Nurakhmadi sebagai Sekretaris Daerah, Ferry Adha Adhianto sebagai Bendahara Daerah, Ali Said sebagai Ketua DPC PAN Blimbing dan Ipung Suranto sebagai Wakil Ketua DPD PAN Kota Malang.

Sementara itu Dito Arief Nurakhmadi, Sekretaris DPD PAN Kota Malang mengapresiasi apa yang diupayakan oleh Forum DPC PAN Kota Malang.

“Kami sangat apresiasi dengan permintaan teman-teman cabang dan ranting yang telah mendapuk kami. Dimana kami sendiri sudah mempunyai gagasan PAN Progresif,” terangnya.

“Ini bukan sekedar dukung mendukung, bukan hanya bicara nama, tapi bagaimana capaian yang terus menurun ini bisa kita bangkitkan lagi seperti PAN dulu,” tambahnya.

Setelah itu, Dito menegaskan, untuk saat ini Musda ke V partai PAN bukan hanya sekedar pergantian orang.

“Kami sampaikan, yang terpenting harus ada kesamaan gagasan, ide dan visi. Maka cabang dan ranting mendapuk kami untuk meningkatkan peran PAN untuk Kota Malang,” tutupnya. (fat/fir)

 

Politik

Peduli Warga Terdampak Covid-19 di Malang Raya, Ahmad Basarah Salurkan Bantuan Kemanusiaan

Diterbitkan

,

Peduli warga terdampak Covid-19, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah bergotong royong membagikan ribuan bungkus paket sembako (istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Peduli warga terdampak Covid-19, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah bergotong royong membagikan ribuan bungkus paket sembako kepada masyarakat Malang Raya.

Bantuan kemanusiaan itu tersalurkan secara simbolis kepada perwakilan sopir ojek online, pedagang asongan, juga keluarga struktur DPC PDI Perjuangan se-Malang Raya di Pendopo Aspirasi Dr. Ahmad Basarah, Malang Jawa Timur (Minggu, 25/7).

Bantuan kemanusiaan itu terdiri atas 1500 paket beras, gula, minyak goreng, mie instant, sardines, Indomilk kaleng, serta kopi, dan lain-lain.

Itu bagian dari gerakan kemanusiaan serupa yang juga telah Ahmad Basarah berikan beberapa waktu sebelumnya dalam bentuk ribuan hand sanitizer, masker, juga paket sembako.

Pada Hari Raya Idul Adha 20 Juli 2021 lalu, Ahmad Basarah juga memotong sapi kurban untuk masyarakat Malang Raya.

‘’Kami sangat berterima kasih, Bapak Ahmad Basarah selalu memberikan teladan kepada kami, bukan hanya dalam bentuk nasihat kemanusiaan, tapi juga dalam bentuk kerja nyata,” kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari, dalam sambutannya secara virtual.

“Bantuan kemanusiaan ini benar-benar membantu masyarakat lapisan bawah yang sangat menderita akibat Covid-19,’’ sambung Sri Untari.

Ahmad Basarah sendiri juga hadir secara virtual untuk menyaksikan pemberian bantuan kemanusiaan itu, karena saat ini masih pemberlakuan PPKM secara nasional, terutama di Jawa dan Bali.

Wakil Bupati Malang sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto, juga hadir secara virtual.

Ahmad Basarah tampak terharu mendengar sambutan Sri Untari. Karena itu, dalam sambutannya, Ketua DPP PDI Perjuangan yang menjadi anggota dewan dari daerah pemilihan Malang Raya ini merasa heran.

Dia bertanya mengapa di masa pandemi Covid-19 yang benar-benar membuat rakyat menderita ini masih saja ada oknum-oknum tak bertanggungjawab yang memancing di air keruh.

‘’Mereka masih tega menyebarkan berita hoaks tentang Covid-19, memprovokasi rakyat dengan menyebarkan Jokowi End Game, dan lain-lain,” terang Ahmad Basarah.

“Saya ingin bertanya pada mereka, kalaulah Presiden Jokowi bisa mereka jatuhkan, apakah presiden yang mereka usulkan mampu menghapus pandemi Covid-19 yang juga melanda dunia?,’’ lanjut Ahmad Basarah.

Untuk itu, Anggota DPR RI Dapil Malang Raya ini mengingatkan aktor-aktor politik yang tidak sabar ingin berkuasa agar tidak memanfaatkan pandemi Covid-19 sebagai isu politik murahan.

Dia menyatakan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya banyak saudara, kawan, juga keluarga yang meninggal akibat wabah ini.

‘’Virus Covid-19 tidak pernah mengenal hukum perang. Siapa saja, termasuk kita, bisa terpapar wabah ini. Karena itu, mari tahan diri dari politik jangan pendek, lebih baik kita bergotong royong membantu kemanusiaan,’’ jelas Ahmad Basarah.

Hadir secara fisik di Pendopo Dr. Ahmad Basarah antara lain Wakil Walikota Batu yang juga menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Batu, Ir. Punjul Santoso.

Lalu Ketua DPRD Kota Malang yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika, kemudian Ketua DPRD Kabupaten Malang yang juga menjabat Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Darmadi.

Berikutnya anggota DPRD Kabupaten Malang yang juga bendahara DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Tantri Bararo, serta Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Malang, Fathur Rohman dan beberapa tokoh masyarakat lainnya. (fat/fir)

Lanjutkan Membaca

Politik

DPP PKS Target Bagi 1 Juta Kurban, Kota Malang Bagi 10 Ribu Paket

Diterbitkan

,

DPP PKS Target Bagi 1 Juta Kurban, Kota Malang Bagi 10 Ribu Paket
DPD PKS Kota Malang saat melaksanakan program 1 juta kurban dari DPP. Total ada 10 ribu paket yang tersebar di 5 kecamatan. (Foto : Carep-04)

 

KABARMALANG.COM – DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) lewat instruksi Ketua KMS Dr Salim, menargetkan pembagian 1 juta kurban di momen idul adha 1442 H.

DPD PKS Kota Malang, turut serta menyukseskan misi tebar 1 juta paket kurban ini. Per Kamis (22/7), DPD Kota Malang sudah melaksanakan instruksi DPP untuk menyebar kurban.

“Total, sekitar 10 ribu paket daging kurban sudah kami siapkan. Sebagian ada yang kami kornetkan untuk ketahanan pangan,” ujar Ernanto Djoko Purnomo, Ketua DPD PKS Kota Malang.

PKS akan menyebar bingkisan kurban itu ke 5 kecamatan dan 57 kelurahan di Kota Malang

10 ribu paket kurban dari PKS ini merupakan hasil sembelihan 20 ekor sapi dan 16 ekor kambing. Sementara, kurban berasal dari para donatur, kader dan simpatisan.

Penyembelihan terlaksana di RPH Rumah Qurban Abah Riza Jalan Babakan, Karangploso Kabupaten Malang. Kemudian, seluruh penyembelih telah melalui protokol kesehatan berupa swab antigen hasil negatif.

“Sembelih kurban dengan protokol kesehatan merupakan bentuk komitmen kami mendukung surat edaran Pemkot Malang tentang PPKM Darurat,” ujarnya.

Pembagian kurban secara drive thru di depan kantor PKS Kota Malang. (Foto : carep-04)

PKS Kota Malang mengharap, kurban ini bisa meringankan beban warga yang sedang kekurangan di masa pandemi. Untuk Jawa Timur sendiri, infonya sudah ada 182 ribuan kurban yang tersebar.

“Ini merupakan upaya kami memenuhi arahan DPP PKS dan instruksi Ketua Majelis Syuro Dr Salim,” tambahnya.

Sementara itu, Taufiq Ibadi, Ketua Panitia Pelaksana Semaran Kurban DPD PKS Kota Malang, mengamini.

“Kurban adalah bentuk melaksanakan perintah Allah SWT dengan maksimal. Dan di tahun ini, kurban adalah bukti cinta, pembelaan serta pelayanan PKS kepada masyarkat,” tandasnya.

Kurban kali ini memang sebagian menyasar kepada kader dan simpatisan.

“Tetapi, kami juga membagi kurban ini kepada mereka yang isolasi mandiri di rumah,” Ketua BPKD DPD PKS Kota Malang itu.(carep-04/yds)

Lanjutkan Membaca

COVID-19

Dapur Cak Udin Layani Makan Gratis Pasien Isoman Malang Raya

Diterbitkan

,

Dapur Cak Udin Layani Makan Gratis Pasien Isoman Malang Raya
Program Dapur Cak Udin memberikan makanan gratis bagi pasien isoman Covid-19 di Malang Raya (Foto: Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Anggota DPR RI Dapil Malang Raya M Hasanuddin Wahid atau Cak Udin, sapaan akrabnya, membuka program Dapur Cak Udin bagi masyarakat yang terpapar covid-19.

Melalui program Dapur Cak Udin, dia telah memberi 1000 lebih makan gratis kepada pasien isolasi mandiri di Malang Raya.

Jumlah 1000 lebih tersebut masih belum menyentuh angka 50 persen dari target 3000 penerima atau pasien isoman se Malang Raya.

Mereka yang melakukan isolasi mandiri di rumah mendapatkan suplai makanan siap saji selama berhari-hari melalui layanan Dapur Cak Udin.

Sekjen DPP PKB itu mengatakan, berdirinya dapur ini berangkat dari keprihatinan melihat kondisi pandemi covid-19.

“Berangkat dari itu lah kami bersama para relawan di dapil tergerak untuk melakukan aksi sosial kemanusiaan. Kami terpanggil untuk turun atas dasar kemanusiaan,” ujar Cak Udin, Rabu (14/7).

Pria kelahiran Kota Batu, Jawa Timur ini bersama relawan mulai mendata masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah pada Minggu (11/7) kemarin.

Kabar lainnya : Arema FC : Dapur Pekerja Bola Terancam.

Proses penyaluran bantuan makanan siap saji berlangsung sejak Senin (12/7) hingga akhir Juli 2021.

Dia akan meninjau lagi jika masih banyak yang membutuhkan untuk keberlanjutan Dapur Cak Udin.

“Semua makanan gratis dan kami jamin bergizi. Ini berlangsung mulai Senin kemarin tersalurkan. Salam sehat untuk masyarakat Malang Raya,” jelasnya.

Dia mengajak masyarakat agar tidak ragu melaporkan siapa saja. Baik itu keluarga, sahabat, tetangga, atau relasi yang berada di wilayah Malang Raya.

Serta, mereka sedang menjalani isolasi mandiri untuk mendapatkan layanan makanan gratis.

“Syaratnya cukup menunjukkan hasil positif covid-19 tes swab antigen. Dapur umum ada di tiap kecamatan yang ada di Malang Raya dengan mengorbitkan para relawan yang ada,” terang Cak Udin.

Untuk teknis pendistribusian, para relawan langsung mengantarkan makanan bergizi ke alamat pasien tempat isolasi mandiri.

Untuk mendapatkan layanan ini, masyarakat dapat menghubungi narahubung 081333812118 sebagai PIC Dapur Cak Udin.

Cak Udin mengaku senang. Karena program memberikan makan gratis bagi masyarakat yang isolasi mandiri mendapatkan respons positif dari masyarakat.

“Alhamdulillah program ini akan terus kami lanjutkan sesuai dengan kemampuan kami,” terang Cak Udin.

“Karena ini juga merupakan arahan sahabat Ketua Umum DPP PKB Gus Muhaimin Iskandar kepada pejabat dan anggota DPR F-PKB. Kami semua harus turun melakukan aksi sosial,” tutupnya.(fat/yds)

Lanjutkan Membaca
Advertisement Penerimaan mahasiswa baru STIE KERTANEGARA MALANG

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com