Connect with us

Kabar Batu

Dinsos Beri Insentif, DPUPR Bangun Guiding Block

Diterbitkan

,

Ilustrasi jalur pedestrian yang belum memiliki guiding block. (Foto : Arul)

KABARMALANG.COM – Pemerintah Kota Batu sudah mengucurkan insentif sebesar Rp 1,05 miliar bagi penyandang disabilitas.

Rencananya, sebanyak 175 penyandang disabilitas kurang mampu, yang mendapatkan bantuan tersebut.

Insentif sudah disalurkan sepanjang tahun ini. Langkah ini sebagai bentuk pelayanan Dinsos Kota Batu terhadap penyandang disabilitas.

“Insentif sebesar Rp 500 ribu per bulan. Tahun depan akan ada peningkatan. Penerimanya menjadi sekitar 200 warga,” jelas Kadinsos Kota Batu Ririck Mashuri kepada Kabarmalang.com, Kamis siang (3/12).

Program pemberian insentif sudah menjadi agenda tahunan sejak 2014. Tapi, menurut Ririck, program Dinsos untuk penyandang disabilitas bukan insentif saja.

Ririck menerangkan penyandang disabilitas juga mendapatkan pelatihan membatik. Hanya saja, tahun ini gagal dilakukan karena penanganan Covid-19.

“Pernah juga pelatihan komputer namun peminatnya kurang. Tahun depan mungkin seminar motivasi penyandang disabilitas. Program lainnya masih kami susun,” imbuhnya.

Dinsos berupaya mendampingi dan melayani penyandang disabilitas Kota Batu.

Sementara itu, DPUPR Kota Batu turut menyiapkan program ramah disabilitas. Pedestrian Kota Batu akan dibangun guiding block.

Anggarannya mencapai Rp 6 miliar di tahun 2021. “Rp 4 miliar untuk pembangunan guiding block baru. Rp 2 miliar untuk perawatan,” terang Kepala DPUPR Kota Batu Alfi Nur Hidayat terpisah.

Pihaknya berharap guilding block bisa memudahkan penyandang disabilitas. Dengan tidak ragu untuk berjalan-jalan di jalur pedestrian.

Alfi mengaku, pembangunan guiding block saat ini masih 30 persen. Yaitu di Jalan Gajahmada, Jalan Sultan Agung dan Jalan Bromo,” tandasnya. (arl/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih