Connect with us

Edukasi

Sekolah Tatap Muka 2021, Diamini Wali Murid Kota Batu

Diterbitkan

,

Ilustrasi sekolah tatap muka Kota Batu (arl)

 

KABARMALANG.COM – Kebijakan Kemendikbud Nadiem Makarim dalam melakukan sekolah tatap muka pada tahun 2021 mendapatkan respon positif dari wali murid Kota Batu.

Pasalnya, kebijakan yang mengacu pada SKB (Surat Keputusan Bersama) empat Menteri yang diantaranya Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), Menag (Menteri Agama), Menkes (Menteri Kesehatan), dan Mendagri (Menteri Dalam Negeri) berisikan tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

“Jadi nanti akan dimulai di semester genap. Hampir seluruh wali murid menyetujui adanya pembelajaran tatap muka,” terang Ketua MKKS SMK Kota Batu, Joko Santoso.

Ia juga menerangkan dari SKB 4 menteri terpantau berisikan kesiapan dari bawah yakni dari wali murid yang menyetujui, dan dari sekolah apakah siap menerapkan protokol kesehatan.

Dari kesiapan tersebut, nantinya sekolah wajib mengajukan atau koordinasi dengan dinas terkait termasuk Dindik, Cabang Dinas (SMA/K.red) dan gugus Covid-19. Yang kemudian dari Dinas dan instansi terkait akan melakukan verifikasi ke sekolah.

“Pada intinya dari statemen Pak Menteri banyak yang menghendaki tatap muka dan semua dikembalikan ke wali murid. Termasuk sekolah yang saya pimpin telah mengajukan tatap muka dan akan diverifikasi untuk kedua kalinya untuk segala kesiapannya,” papar pria yang juga menjabat sebagai Kepala SMKN 1 Batu tersebut.

Ia berharap dengan adanya keputusan ini maka bisa menjadi win-win solution atas permasalahan pendidikan yang muncul di tengah pandemi Covid-19.

Senada, Koordinator bidang supervisi dan pembelajaran MKKS SMPN Kota Batu, Budi Prasetyo mengatakan bahwa pihaknya siap menggelar pelajaran tatap muka.

Ia menekankan hampir 90 persen wali murid menyetujui dengan adanya kebijakan tersebut.

“Menurut rencana Dinas Pendidikan Kota Batu, rencananya akan dilakukan model ujicoba dulu untuk pembelajaran tatap muka. Jadi tidak serta merta,” tuturnya.

Budi juga merincikan untuk jenjang SMP/MTs sekolah yang akan menjadi piloting uji coba adalah SMPN 01, 02, dan 03.

Terpisah, Wakil Walikota Batu Punjul Santoso membenarkan bahwa Pemkot Batu tengah mengkaji adanya sekolah tatap muka tersebut.

“Hari Rabu besok Insyaallah akan ada sosialisasi untuk teknisnya. Kita akan melakukan kajian disana,” tandasnya. (arl/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih