Connect with us

Politik

Ultah ke-61, PP Dampit Bagikan Masker

Diterbitkan

||

Pemuda Pancasila PAC Dampit.(Foto : Imron Haqiqi)

KABARMALANG.COM – PAC Pemuda Pancasila Dampit memeriahkan ultah ke-61. Dalam momen Sumpah Pemuda, mereka membagikan masker.

Ini bentuk bakti sosial mereka untuk masyarakat. Pembagian masker digelar di Jalan Semeru Selatan, Kecamatan Dampit.

“Pada kegiatan kali ini kita menyediakan 500 masker. Itu diberikan kepada tukang ojek, pedagang dan pengendara,” terang Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Dampit, Nanang Qosim saat ditemui lokasi kegiatan, Rabu (28/10).

Kegiatan tersebut diikuti anggota Pemuda Pancasila PAC Dampit. Baik unsur pengurus, Koti (Komando Inti), dan Srikandi.

“Kita juga memberikan edukasi kepada masyarakat. Agar, selalu menerapkan protokol kesehatan. Sering cuci tangan, menggunakan masker, dan jaga jarak,” bebernya.

Ayah 4 anak itu berharap Pemuda Pancasila semakin solid.

“Alhamdulillah, respon masyarakat sangat baik atas kegiatan kami. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini. Masker kan sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” tutup Nanang.(im/yds)

Klik untuk mengirimkan komentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

Aliansi Jogo Ngalam Tolak Disintegrasi Bangsa

Diterbitkan

||

Aliansi Jogo Ngalam Tolak Disintegrasi Bangsa
Aksi Aliansi Jogo Ngalam saat berorasi di depan Balai Kota Malang. (Foto : Carep-04)

 

KABARMALANG.COM – Aliansi Jogo Ngalam menolak intoleransi dan perpecahan bangsa. Demonstrasi aksi damai pun dihelat di depan Balai Kota Malang.

Puluhan orang berorasi dan menggelar banner penolakan. Mereka menolak isu disintegrasi yang menyeruak belakangan ini.

“Kami gerah karena banyak isu perpecahan bangsa dan intoleransi. Sebagai anak bangsa, kami terpanggil. Indonesia itu berdiri atas keragaman dan perbedaan,“ Isrofi Samsuri, Koordinator Aksi Aliansi Jogo Ngalam kepada wartawan, Jumat (27/11).

Aksi ini bertujuan menolak isu perpecahan yang disiratkan FPI. Karena itu, ada banyak banner yang menolak intoleransi FPI.

Misalnya, banner bertuliskan ‘Wong Malang Tolak FPI dan Habib Rizieq’. Ada lagi banner ‘Semoga Allah memberikan hidayah kepada Rizieq Syihab. Agar beliau tidak masuk dalam golongan orang yang suka ghibah’.

Lalu, banner ‘Wong Malang Dukung TNI Polri Jaga NKRI’. Isrofi tidak menampik kegeramannya kepada kelompok pemecah belah.

Dia juga membenarkan massa ini mendesak pembubaran FPI. Karena, FPI dinilai mengacak-acak bangsa Indonesia.

“Bisa dilihat kelompok mana yang memprovokasi. Kedoknya berpakaian putih. Berjubah. Tapi berkata-kata kotor yang bisa menyinggung yang lain,” sambung Isrofi.

Dia menegaskan kelompok itu harus dihentikan. Provokasi dan kata kotor juga harus dihentikan.

Jika tidak, maka massa demonstran akan lebih banyak lagi. Dalam demonstrasi, aliansi Jogo Ngalam berdeklarasi.

Mereka menolak perpecahan bangsa. Massa ini juga meminta Malang damai dan aman.(carep-04/yds)

Lanjutkan Membaca

Politik

Siapa Pengganti Anggota DPRD Fraksi PDIP Yang Meninggal Beberapa Waktu Lalu?

Diterbitkan

||

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari (Foto: Imron Haqiqi)

 

KABARMALANG.COM – Setelah kehilangan empat kader terbaiknya, akibat kecelakaan dalam perjalanan menuju Yogyakarta dalam rangka kunjungan kerja.

DPC PDI Perjuangan tampaknya sedang menyiapkan calon pengganti dua kader PDIP yang juga menjadi anggota DPRD (PAW), yang juga turut dalam kecelakaan tersebut. Yakni Hari Sasongko dan Hariyanto.

“Sebenarnya kemarin sudah sempat kita bahas untuk PAW nya Pak Didik Gatot Subroto yang mencalonkan diri sebagai Wabup Malang nomor urut 1. Yaitu Pak Amari rencananya. Namun Tuhan berkehendak lain. Pak Amari akhirnya juga dipanggal Yang Maha Kuasa. Ya terpaksa harus kita siapkan lagi,” ujar Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari.

Usai keempat kader tersebut, duka PDIP semakin menyelimuti, setelah satu kadernya lagi turut menyusul keempat orang tersebut beberapa waktu berikutnya, yakni Mujiono.

Padahal, mendiang Mujiono sebelumnya dikabarkan akan PAW menggantikan Hariyanto.

“Tentunya kami (PDI Perjuangan) semua merasa kehilangan. Namun, fungsi wakil rakyat tetap harus berjalan. Tapi mungkin akan kembali komunikasikan setelah Pilkada. Agar tetap bisa fokus menang 9 Desember mendatang,” jelas Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Jatim ini.

Untuk PAW nya sendiri, Untari mengaku bahwa pihaknya akan mengikuti aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Artinya, dirinya akan tetap melihat nama-nama kader PDIP Kabupaten Malang yang sudah tercantum sesuai urutan dan daerah pemilihan (dapil) nya masing-masing.

“Urutannya kan sudah ada. Daftarnya juga ada di KPU. Tentu kami akan lihat dulu. Sebagai warga negara yang taat undang-undang kita harus bisa patuhi aturan yang ada. Tapi itu tadi, mungkin setelah Pilkada baru akan kita komunikasikan lagi,” pungkasnya.

Dari informasi yang dihimpun Kabarmalang.com, mengacu pada hasil perolehan suara pada Pileg 2019 lalu.

Ada tiga nama yang mungkin di PAW untuk mengisi kekosongan kursi DPRD Kabupaten Malang menggantikan kedua anggota DPRD yang meninggal dunia, ditambah pengganti Didik Gatot Subroto yang mengundurkan diri karena mencalonkan diri calon Wakil Bupati Malang.

Didik Gatot Subroto dan Hariyanto, selaku mantan anggota DPRD Dapil 6, kemungkinan akan digantikan oleh Wahyu Indriyanti dan Yulis Farida, jika mengacu pada urutan hasil perolehan suara terbanyak.

Sebelumnya, ada nama Amari pengganti Didik dan Mujiono pengganti Hariyanto. Namun karena keduanya sama-sama meninggal dunia, tentu saja tidak jadi.

Sedangkan untuk dapil I, ada nama Reni Purwiningtyas yang memiliki jumlah perolehan suara terbanyak setelah Hari Sasongko. (imr/fir)

Lanjutkan Membaca

Pilbup 2020

Bahas Pupuk, HC-Sanusi Adu Mulut

Diterbitkan

||

Debat publik Pilkada Kabupaten Malang 2020 dengan tema pembangunan. (Foto : Imron)

KABARMALANG.COM – Debat paslon Pilkada Kabupaten Malang, Jum’at (20/11) berlangsung panas.

Adu mulut antar kandidat kali ini cukup sengit. Khususnya, ketika membahas langkanya pupuk Kabupaten Malang.

Perdebatan itu dimulai Paslon Heri Cahyono-Gunadi Handoko. Sam HC, sapaan Cabup independen, menanyai Sanusi. Yaitu cabup paslon nomor urut 1 petahana.

“Saat ini pupuk langka. Banyak petani mengeluh. Lalu kalau anda jadi, bagaimana solusi yang akan dilakukan?” lempar Sam HC.

Pertanyaan itu kemudian ditanggapi Sanusi. Menurut Sanusi, pupuk bukan wewenang Bupati, tapi pemerintah pusat.

“Itu wewenang pemerintah pusat. Bupati sudah mencoba mengkomunikasikan dengan menteri. Tapi tetap tidak bisa. Anggarannya berkurang 50 persen akibat Covid-19,” sanggah Sanusi.

Tidak puas dengan tanggapan Sanusi, Heri Cahyono menyerang lagi. Dia mengatakan Bupati Malang seharusnya  berinisiatif menanggulangi kelangkaan tersebut.

“Kalau hanya berpatok pada aturan, Camat juga bisa. Seharusnya bisa mencari cara lain untuk membantu para petani,” katanya.

Sanusi tampaknya masih ingin memjawab sanggahan Heri Cahyono itu. Hanya saja waktu dalam sesi tersebut keburu habis.

Kemudian, perdebatan berlanjut lagi ke urusan BUMD. Sam HC menanyai paslon Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono. Topiknya tentang Badan Usaha Milik Daerah.

“Berdasarkan telaah kami, pendapatan BUMD Kabupaten Malang kecil. Ini dibandingkan dengan Sumbermaron dan Boonpring (non BUMD). Bagaimana solusi anda jika terpilih menjadi Bupati?” tanyanya.

Lathifah Shohib mengaku akan menyelaraskan program pemerintah pusat dengan Kabupaten Malang.

“Kita akan memanfaatkan jaringan DPR RI untuk mengembangkan pembangunan. Baik di Kabupaten Malang maupun di BUMD,” ujarnya.

Sam HC berbeda pandangan. Dia akan mencari founding untuk mengembangkan BUMD tersebut.

“Dengan investor kita yakin BUMD Kabupaten Malang akan meningkat. Sebab permodalan dan sponsor akan lebih terjamin,” ujarnya.

Untuk diketahui, jumlah BUMD Kabupaten Malang ada 3. Yakni PDAM Tirta Kanjuruhan penyedia air bersih. Jasa Yasa bidang pariwisata. Dan BPR Artha Kanjuruhan di bidang keuangan.(im/yds)

Lanjutkan Membaca
Advertisement Iklan Hari Jadi Kabupaten Malang dari Disparbud Kabupaten Malang
Advertisement Iklan Hari Jadi Kabupaten Malang dari Perumda Tirta Kanjuruhan

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com