Connect with us

Kabar Batu

Antisipasi Lebih Dini, Damkar Batu Ingin Terlibat Izin Pembangunan

Diterbitkan

,

Ilustrasi pemadaman api

 

KABARMALANG.COM – Memasuki puncak musim kemarau, DPK (Dinas Pemadam Kebakaran) Kota Batu menginginkan andil lebih dalam pembangunan gedung sebelum SLF (Surat Layak Fungsi) diterbitkan.

Hal ini, merupakan salah satu upaya dari pihak DPK Kota Batu mengingat di setiap musim kemarau selalu didominasi oleh bencana kebakaran.

“Kami sudah melayangkan surat ke DPMPTSPTK (Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja) dan semoga bisa segera direspon,” ungkap Himpun Kepala DPK pada pada Jumat siang (18/09/2020).

Himpun juga menerangkan isi dari surat tersebut tetang keterlibatan langsung DPK Kota Batu sebelum SLF (Surat Layak Fungsi) yang merupakan izin bahwa bangunan tersebut bisa dioperasionalkan terbit.

Diterangkan lebih jauh, oleh Himpun selama ini DPK Kota Batu hanya sebatas memberikan saran dan tidak memiliki tindakan riil disetiap adanya permohonan pendirian bangunan. Jika nantinya di respon DPMPTSPTK maka DPK bisa mengecek peralatan pendeteksi dan pencegah kebakaran di dalam gedung sudah memenuhi syarat atau belum.

“Apalagi selama ini gedung yang kebakaran paling banyak disebabkan terjadi hubungan arus pendek. Disitu kita bisa antisipasi agar tidak terjadi ledakan,” tuturnya.

Selain itu, Himpun bisa mengecek ketersediaan Apar (Alat Pemadam Api Ringan) dan jalur evakuasi yang layak, mengingat aturan yang diajukan tersebut merujuk pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang sudah menerbitkan Permen Nomor 19/PRT/M/2018 tentang Penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan Gedung (IMB) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) bangunan gedung. (arl/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih