Connect with us

Kabar Batu

Isu Pilkada Tahun 2022, KPU Kota Batu Antisipasi Lebih Awal

Diterbitkan

,

Hiring Komisi A, KPU Kota Batu dan Bawaslu Kota Batu

 

KABARMALANG.COM – Simpang siurnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Batu. Persiapan dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) lebih awal jika Pilkada Kota Batu dilaksanakan pada 2022.

Terkait hal ini, pada Kamis siang (03/09/2020) KPU Kota Batu melakukan hiring dengan Komisi A DPRD Kota Batu untuk membahas persiapan tersebut termasuk anggaran yang diperlukan.

“Kalau memang ada pemilihan tahun 2022, maka persiapan setidaknya dilakukan pada tahun 2021,” ujar Marlina Komisioner Divisi Humas KPU Kota Batu..

Marlina menambahkan, setidaknya KPU Kota Batu telah melakukan perhitungan kasar kebutuhan pilkada pada tahun 2022 mencapai sekitar Rp. 20 miliar.

Lebih jauh, Marlina menjelaskan kebutuhan pada pilkada kedepan diproyeksikan akan naik sekitar 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya, yang anggarannya mencapai sekitar Rp. 12 milyar karena menyesuaikan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) bulan Agustus tahun 2020 mencapai 155.670 pemilih.

Marlina menambahkan dari anggaran Rp. 20 Milyar tersebut, belum termasuk pembiayaan Alat Pelindung Diri (APD) karena masa pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya.

“Status pandemi belum diketahui kapan dicabutnya. Maka dari itu kami belum memasukkan pembiayaan APD,” tegasnya. Oleh sebab itu, Marlina akan segera melakukan perhitungan secara terperinci dalam RKB (Rencana Kegiatan Biaya) Pilkada.

Terpisah, Dewi Kartika Ketua Komisi A DPRD Kota Batu membenarkan bahwa pihaknya melakukan audensi dengan KPU Kota Batu terkait wacana majunya pilkada di Kota Batu pada tahun 2022.

“Namun kami tetap membutuhkan RKB secara terperinci, sehingga nantinya bisa diproses lebih jauh sembari menunggu wacana DPR RI apakah pilkada serentak akan mundur pada tahun 2027,” tukasnya. (arl/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih