Connect with us

Serba Serbi

Polres Malang Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 dengan Pagelaran Wayang Kulit Spektakuler

Diterbitkan

,

Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, Polres Malang menggelar pagelaran wayang kulit

 

KABARMALANG.COM – Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, Polres Malang menggelar pagelaran wayang kulit di halaman Mapolres Malang pada Sabtu (12/8/2023).

Kegiatan ini di hadiri oleh sejumlah tokoh penting dan ribuan warga berhasil menciptakan suasana penuh semangat dan kebanggaan akan warisan budaya Indonesia.

Acara yang berlangsung di bawah langit malam purnama ini di meriahkan Forkopimda Kabupaten Malang, para tokoh agama, budayawan ternama, serta ribuan masyarakat pecinta budaya.

Dalam sorotan utama malam itu, seorang Dalang lokal yang juga merupakan warga asli Malang, Ki Ardi Poerboantono, mengambil alih panggung untuk memimpin pagelaran wayang kulit.

Ki Ardi Poerboantono membawakan lakon Hasta Brata Kawedar, dengan fokus pada cerita tentang Prabu Kresna yang menjadi pertapa bernama Bagawan Kesawasidi di pertapaan Kutharunggu.

Pertunjukan ini tidak hanya memikat para penonton dengan ketrampilan dalangnya, tetapi juga menyampaikan pesan mendalam tentang nilai-nilai kebijaksanaan dan pengorbanan.

Acara ini di mulai dengan Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, yang menyerahkan gunungan wayang kepada Ki Ardi Poerboantono sebagai tanda di mulainya pagelaran.

Ribuan penonton dari berbagai usia tampak antusias memadati tenda besar yang membentang di seluruh halaman Mapolres Malang.

Selain menikmati pertunjukan wayang yang mengesankan, para penonton juga dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang disediakan secara gratis oleh pihak kepolisian. Puluhan rombong nasi goreng, soto ayam, bakmi, dan hidangan favorit lainnya.

“Pagelaran wayang ini bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga sebagai bentuk apresiasi terhadap budaya Indonesia yang kaya dan beragam,” ujar Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, di Mapolres Malang, Sabtu (12/8/2023).

“Kami berharap bahwa kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi antara aparat kepolisian dan masyarakat serta mengajak semua pihak untuk lebih menghargai warisan budaya leluhur,” sambungnya.

Tak hanya pertunjukan wayang, keseruan malam itu juga di perkaya dengan aksi ludruk yang di sajikan oleh Topan dan Karmali. Acara juga mencakup undian kupon doorprize yang membuat tensi semakin tinggi.

Ratusan hadiah menarik seperti sepeda gunung, televisi, mesin cuci, dispenser, setrika, dan berbagai hadiah lainnya berhasil membuat semangat antusiasme penonton semakin membara.

Acara mencapai puncaknya pada pukul 03.00 dini hari, saat Ki Dalang mengakhiri lakon yang di bawakannya dengan menutup pagelaran wayang.

Sejumlah penonton yang bertahan hingga berakhirnya acara tak sabar menanti panitia mengumumkan undian doorprise hadiah utama.

Hingga akhirnya hadiah utama sebuah sepeda motor Honda Beat, berhasil di menangkan oleh Sukarno, seorang warga dari Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Hadiah utama diserahkan langsung oleh Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana beserta Komandan Kodim 0818 Malang-Batu Letkol Inf Arif Nurbianto kepada pemenang. (*)

 

Terpopuler

Subscribe for notification
WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com