Connect with us

Serba Serbi

Cek Ketersediaan Bahan Pangan, Personel Polresta Malang Kota Laksanakan Patroli Dialogis

Diterbitkan

,

Kapolsek Sukun Kompol Nyoto Gelar, S.Psi beserta jajaran saat melaksanakan giat acara pengecekan ketersediaan bahan pangan. (Dod)

 

KABARMALANG.COM – Guna menjaga kestabilan harga dan ketersediaan kebutuhan masyarakat akan bahan pangan, Kepolisian Polresta Malang Kota melaksanakan pengecekan di Pasar Tradisional, Jalan Terusan Sigura Gura, Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Kamis (16/2/2023).

Pengecekan dimulai pada pagi hari pukul 07.00 WIB dengan melibatkan tiga pilar yakni Polsek Sukun, Lurah Karangbesuki, dan Koramil Sukun.

Dalam kesempatannya, Kapolsek Sukun Kompol Nyoto Gelar disela-sela kegiatannya bersama Lurah Karangbesuki, R. Sahrial Hamid dan Anggota Koramil Sukun, menyampaikan bahwa hal ini dilakukan mengandung maksud memastikan ketersediaan bahan pangan.

“Kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Kepolisian Polresta Malang Kota, dalam rangka memastikan tersedianya kebutuhan pangan dan harganya di pasaran masih stabil,” tutur Kompol Nyoto Gelar sapaan akrab Kapolsek Sukun.

Ia menambahkan, kegiatan pengecekan persediaan pokok pangan dan harga di pasar itu juga dalam menindaklanjuti isu-isu, terkait persediaan beberapa jenis bahan pangan mulai langka dan harga yang mahal.

“Jadi kami turun langsung untuk cek di pasar,” imbuhnya.

Berdasarkan pantauan dan pengecekan, hasilnya didapati persedian bahan pokok atau sembako masih cukup dan tidak terjadi kelangkaan.

Meski demikian, Kompol Nyoto Gelar menyebutkan, memang ada beberapa jenis kebutuhan pangan yang harganya naik, seperti beras premium 5 kg dari harga 60 ribu naik menjadi 62 ribu.

“Terkait harga beras, tadi kami dapatkan informasinya ada sedikit kenaikan,” sebutnya.

Di tempat terpisah Kapolresta Malang Kota membenarkan bahwa, pihaknya telah memerintahkan anggota untuk melakukan patrol dialogis di sejumlah pasar tradisional, dalam rangka memastikan ketersediaan bahan pangan masyarakat masih normal dan mencukupi.

Kapolresta Malang Kota juga mengimbau, agar para tengkulak atau pihak produsen tidak melakukan kecurangan dengan memanipulasi harga bahan pangan, dengan memanfaatkan momen-momen tertentu.

“Kita kan baru saja bangkit dari pandemi Covid-19, jadi kami mohon untuk tidak terjadi adanya manipulasi harga kebutuhan pokok pangan khususnya di wilayah hukum Polresta Malang Kota,” tutup Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto (dod/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih