Connect with us

Serba Serbi

Intensitas Hujan Tinggi, Warga Sitiarjo Malang Waspadai Banjir

Diterbitkan

,

Hujan lebat yang menguyur wilayah Malang selatan di Desa Sitiarjo, Kabupaten Malang. (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Hujan lebat yang menguyur wilayah Malang selatan di Desa Sitiarjo, Kabupaten Malang sejak kemarin membuat sungai Penguluran mengalami kenaikan debit air.

Dampaknya, sejumlah ruas jalan dan sejumlah rumahpun terendam banjir setinggi 20 cm hingga 1 meter.

Hal tersebut akibat, air sungai Penguluran di Desa Sitiarjo meluap. Belasan rumah di empat dusun yakni Dusun Krajan Kulon, Dusun Krajan Tengah, Dusun Krajan Wetan, dan Dusun Rowoterate terendam banjir.

“Jembatan Sitiarjo yang berada di sisi selatan terendam air setinggi 50 cm. Sedangkan, jalan di barat Pasar Sitiarjo juga terendam air setinggi satu meter,” kata Kepala BPBD Kabupaten Malang, M Nur Fuad Fauzi, Minggu (11/9/2022).

Nur menambahkan, dampak hujan deras kemarin sore meredam beberapa desa di Sitiarjo. Kami menurunkan, TRC juga melakukan siaga peralatan evakuasi dan pemantauan wilayah.

“Untuk itu, kami menghimbau pada masyarakat untuk tenang, namun tetap meningkatkan kewaspadaan,” bebernya.

Hingga berita ini di turunkan, cuaca saat ini masih terpantau mendung dan hujan dengan intensitas rendah.

Sehingga, tim gabungan dari TNI Polri dan BPBD serta petugas PMI masih terus melakukan pemantauan kondisi debit air.

Sementara itu, menurut Kapolres Malang AKBP Ferly Hidayat meminta masyarakat yang berada di daerah rawan tersebut untuk segera mengungsi.

Pihaknya, telah menyiapkan sejumlah titik kumpul bagi warga untuk menjadi posko pengungsian sementara. Sembari melakukan pemantauan kondisi terbaru di lokasi.

“Polres, Kodim dan BPBD sudah siaga di sana, kita siapkan juga dapur umum dan persiapan evakuasi jika memang debit air terus naik,” ungkapnya. (cdm/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih