Connect with us

Serba Serbi

Kapolres Malang Pantau Vaksinasi Hewan Ternak di Poncokusumo

Diterbitkan

,

Kapolres Malang Pantau Vaksinasi Hewan Ternak di Poncokusumo
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat didampingi Kasat Reskrim Polres Malang AKP Donny Kristian Bara'langi dan Kapolsek Poncokusumo AKP Sumarsono saat memantau vaksinasi di Poncokusumo. (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat di dampingi Kasat Reskrim Polres Malang AKP Donny Kristian Bara’langi dan Kapolsek Poncokusumo AKP Sumarsono mengunjungi perusahaan penampungan susu sapi perah.

Hal ini dalam rangka memantau langsung proses penyuntikan vaksin PMK pada hewan ternak sapi di UD. Mitra Usaha, Jambesari, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Sabtu (02/07/2022).

Di katakan Ferli, kegiatan Vaksinasi PMK pada hewan ternak ini merupakan langkah tepat untuk mencegah luasnya penularan wabah.

Serta upaya menekan turun angka terkonfirmasi PMK pada hewan ternak di wilayah kabupaten Malang.

“Kegiatan Vaksinasi PMK ini merupakan langkah cepat sinegritas instansi terkait dalam upaya pencegahan wabah Penyakit Mulut dan Kuku, selain melakukan berbagai upaya seperti pembatasan mobilitas pengangkut hewan ternak masuk dan keluar Wilayah,” ujarnya.

“Juga membuka layanan pengaduan bila masyarakat menemukan adanya gejala-gejala Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak,” sambungnya.

Tercatat sebanyak 12.319 ekor hewan ternak di wilayah Kabupaten Malang telah mendapatkan vaksinasi PMK.

Kegiatan tersebut akan terus di lakukan pada tiap-tiap Daerah, tentunya akan bertambah pula jumlah data angka hewan ternak di Wilayah Kabupaten Malang yang kedepan mendapat Vaksinasi PMK.

“Sekitar 57.500 dosis vaksin PMK telah di serahkan oleh Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur kepada Satgas Penanganan PMK Kabupaten Malang pada Jumat (24/06) lalu,” ucapnya.

“Vaksinasi PMK ini akan terus kita lakukan secara bertahap hingga dapat menyeluruh dan merata di Wilayah Kabupaten Malang,” jelasnya.

Ferli menambahkan, Pihaknya akan terus bersinergi dengan instansi terkait guna melakukan upaya pencegahan penularan wabah PMK di Kabupaten Malang.

Untuk para Peternak juga dihimbau, agar tetap menjaga kesehatan hewan ternak miliknya dengan besar harapan terhindar dari wabah PMK.

“Di harapkan para peternak untuk selalu memperhatikan kesehatan hewan ternak dan kebersihan kandangnya,” katanya.

Seperti yang pemerintah telah tetapkan beberapa kiat menghindari wabah PMK di antaranya dengan 5M, lanjutnya, memberikan vaksin pada hewan ternak sehat.

“Menjaga sanitasi dan biosekuriti kandang hewan ternak, membatasi lalu lintas hewan ternak dan produk hewan ternak,” katanya.

“Mengisolasi hewan ternak yang sakit juga hewan ternak yang baru dan yang terakhir melaksanakan stamping out (pemusnahan) hewan ternak yang sakit PMK di area bebas PMK,” pungkasnya. (cdm/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih