Connect with us

COVID-19

Menko Luhut Ke Malang, Ajak Warga Pakai Tempat Isolasi Terpusat

Diterbitkan

,

Menko Luhut Ke Malang, Ajak Warga Pakai Tempat Isolasi Terpusat
Menko Luhut berbincang dengan Wali Kota, Sutiaji saat kunjungan ke Safe House Jalan Kawi Kota Malang (Foto: Fathi)

 

KABARMALANG.COM -Menteri Koordinator (Menko) Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan datang ke Malang. Setibanya di Malang, dia langsung meninjau penanganan covid-19 di beberapa titik, Jumat (13/8) pagi.

Misalnya Luhut bersama Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin meninjau safe house di Kantor BPSDM Malang di Jalan Kawi Kota Malang.

Dalam kunjungannya itu Luhut mengajak masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 agar memanfaatkan tempat isolasi terpusat (isoter) yang ada di Kota Malang, seperti di safe house Jalan Kawi itu.

“Galakkan program itu (isoter) dan Pemda siapkan semua, karena dananya ada. Jadi kuncinya itu soter,” ujar Luhut kepada media, di Safe House Jalan Kawi, Jumat (13/8).

Luhut menganjurkan pasien covid-19 memanfaatkan isoter daripada isolasi mandiri di rumah. Karena isoter lebih lengkap persediaan obat dan tenaga medisnya.

“Begitu kalau kita testing dan tracing ketat, ikut saja ke isoter. Isoter ini kan ada dokternya, ada perawatnya, ada obatnya. Pengecekannya ada semua dan tidak menulari ke keluarga kita,” terangnya.

Sebab, kata Luhut, jika menjalani perawatan di isoter lebih terjamin penanganannya dan bisa mengurangi risiko kematian.

“Kita tidak tahu, tiba-tiba saturasi oksigen kita di bawah 80 (saat isoman). Kalau itu terjadi, sudah sulit tertolong. Sehingga angka kematian tinggi. Tolong sampaikan kalau ada keluarganya kena (Covid-19), tidak perlu malu,” ungkapnya.

Luhut mencontohkan seperti penanganan Covid-19 di Buleleng (Bali). Dia wilayah itu warganya gencar memanfaatkan isoter selama 8 hingga 10 hari.

“Di Buleleng kemarin saya ke sana. Itu rata-rata 8 sampai 10 hari keluar (dari isoter) dan tidak ada yang meninggal. Karena tertangani dengan benar,” terangnya.

“Jadi mohon, bapak ibu sekalian sampaikan keluarganya melalui WhatsApp. Karena di Buleleng itu melakukan seperti itu. Di Buleleng itu sekarang relatif aman,” tutupnya.

Menko Luhut datang ke Malang bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta.

Hadir pula Wali Kota Malang, Sutiaji dan Bupati Malang Sanusi.(fat/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih