Connect with us

Wisata

Desa Wisata Sidomulyo, Centra Bunga Jujugan Wisatawan

Diterbitkan

,

Suasana Desa Wisata Bunga Sidomulyo Kota Batu (Foto: Arul)

 

KABARMALANG.COM – Meningkatnya harga tanaman hias dimasa pandemi Covid-19 membuat Desa Wisata Bunga Sidomulyo Kecamatan Batu semakin banyak dikunjungi wisatawan.

Setiap hari ada ratusan wisatawan dari luar kota silih berganti berdatangan di centra bunga tersebut.

“Mungkin karena memang pasaran bunga hias tengah naik. Jadi banyak wisatawan yang berburu kesini,” jelasnya pemilik Mekar Floris, Andika Permadani Rabu sore (9/12).

Ia mengaku beberapa tanaman hias sekarang ini menjadi tanaman koleksi.

Philodendron Janda bolong misalnya, Andika menceritakan harga tanaman hias tersebut untuk berukuran 3 cm kini telah mencapai Rp. 50 ribu.

Sedangkan untuk tanaman yang berukuran besar kini telah mencapai Rp. 20 juta. Selain itu ada Sanseveira pagoda yang saat ini harganya telah naik menjadi 3 kali lipat.

Sanseveira pagoda ukuran panjang 3 cm berharga Rp. 30 ribu sedangkan untuk ukuran besar bisa mencapai Rp. 300 ribu.

“Dua-duanya ini tanaman hias. Tapi sekarang sudah menjadi tanaman koleksi karena jarang ditemui di Indonesia, rata-rata petani bunga menjual ke luar negeri,” katanya.

Terpisah, Nurul Hikmah warga asal Bandung mengaku tengah mencari tanaman philodendron monstera karena di Kota Kembang miliknya tanaman tersebut semakin langka.

“Awalnya punya untuk hiasan saja, lalu sempat dibeli Rp. 75 juta oleh teman saya akhirnya saya kembali mencari untuk dijual kembali,” tuturnya kepada Kabarmalang.com

Sementara Kepala Desa Sidomulyo, Suharto mengaku pihaknya juga cukup terkejut dengan adanya peningkatan kunjungan di wisata Bunga Sidomulyo.

“Saat ini masih gratis untuk masuknya, namun akan kami perbaiki lagi kedepannya. Tahun 2021 nanti kami siapkan anggaran sekitar Rp. 800 juta untuk menata kios dan lainnya,” ujarnya.

Suharto juga menambahkan saat ini Desa Wisata Bunga juga telah menyediakan puluhan homestay untuk para wisatawan yang berkunjung ke Desa Sidomulyo. (arl/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih